Lima Besar Produk Teknologi Komputer

Pagi ini ada berita di Detiknet yang cukup menarik untuk saya komentari. Judul beritanya cukup “mengundang” orang seperti saya untuk segera membacanya : IE, Produk Teknologi Paling Berpengaruh. Jadi berita tersebut bercerita tentang hasil polling yang dilakukan oleh CompTIA tentang produk-produk teknologi komputer yang paling berpengaruh sepanjang masa. Lima besar juara polling ini adalah sebagai berikut; lengkap dengan cerita saya soal produk ybs — kalau gak ada ini takut dibilang njiplak berita 😀

  1. Internet Explorer
    Inilah pemenang polling ini. Katanya IE adalah browser yang paling banyak dipakai di dunia. Saya sendiri sudah lama sekali tidak menggunakan IE sewaktu browsing internet. Saya lebih senang menggunakan Mozilla Firefox atau Flock. Pernah juga saya menggunakan Opera Web Browser tapi rasanya lebih enak Firefox. Oh ya, saya pakai IE di kantor saat butuh mengakses aplikasi laporan kerja.
  2. Microsoft Word
    Kalau mau jujur Microsoft Word memang aplikasi word processor yang paling banyak dipakai. Program ini menempati juara kedua dalam polling ini. Saya juga termasuk salah seorang yang masih menggunakan Word saat membutuhkan aplikasi ketik mengetik. Karena di PC saya saya menggunakan Ubuntu Linux, saat di rumah butuh aplikasi ketik mengetik saya pakai Open Office Writer. Saat menulis sesuatu yang tidak terburu-buru saya jauh lebih senang menggunakan LaTeX.
  3. Microsoft Windows 95
    Saya kenal Windows 95 waktu sekolah dulu. Tidak banyak cerita yang bisa saya bagi tentang Windows 95. Kalau menurut Wikipedia, Windows 95 adalah versi Windows pertama yang menggunakan tombol Start di kiri bawah layar dan menggunakan taskbar untuk menampilkan  program yang sedang berjalan.
  4. Apple Ipod
    Soal yang satu ini saya tidak bisa banyak komentar, gak punya sih :-p
  5. Microsoft Excel
    Aplikasi ini rupanya sejalan dengan saudara sepupunya, Microsoft Word. Program besutan Microsoft ini menjadi juara 5 dalam polling ini. Saya pun adalah pengguna Excel (di kantor saja). Seperti tadi saya ceritakan, di rumah saya tidak menggunakan Excel tapi beralih ke Open Office Calc.

Tapi saya sendiri tidak yakin apakah polling ini dapat merepresentasikan fakta sebenarnya di dunia. Atau ada titipan sponsor dari Microsoft? 😀

Leave a Reply