Firefox Vs. Opera

Dua web browser alternatif selain Internet Explorer adalah Mozilla Firefox dan Opera. Hari ini saya tanpa sengaja melihat-lihat kedua website masing-masing web browser tersebut. Lihat potongan gambar website Firefox dan Opera di bawah ini.
opera_firefox2

Saya baru sadar kalau keduanya mengklaim sebagai web browser yang telah memenangkan penghargaan. Setelah saya perhatikan kembali, ada beberapa persamaan dari iklan kedua web browser tersebut. Paling tidak ada 3 hal yang diangkat di sana, kurang lebihnya seperti berikut ini :

  • Sama-sama mengklaim produknya sebagai web browser yang telah memenangkan penghargaan. Opera mendapat penghargaan The Best Web Browser versi PC World tahun 2004. Firefox mendapat penghargaan PC Magazine Editor Choice Oktober 2006, CNET Editor Choice Oktober 2006, dan CNET Webware 100 tahun 2007.
  • Sama-sama mengklaim sebagai web browser yang cepat kerjanya. Firefox lebih rendah hati dengan mengatakan dirinya “faster” (lebih cepat). Opera mengklaim dirinya “fastest” (paling cepat performanya). Seingat saya dulu pernah ada artikel yang membuktikan bahwa Firefox lebih cepat membuka halaman web daripada Opera. Sayang saya lupa URLnya.
  • Sama-sama mengklaim sebagai web browser yang aman. Firefox menulis bahwa browsernya “safer” (lebih aman), sementara Opera mengganggap dirinya “most secure” (paling aman). Setelah bertanya sana-sini termasuk buka kamus, saya lihat keduanya (safer dan most secure) menggunakan pendekatan yang berbeda. Safe dan secure punya arti berlainan, meskipun keduanya serupa. Mungkin ini salah satu strategi supaya tidak dibanding-bandingkan secara frontal satu sama lain. Bahaya juga kalau yang satu bilang safer lalu yang lain bilang safest…bisa dianggap yang satu menyerang produk lain.
  • Sama-sama menganggap web browser-nya “hebat”. Firefox mengatakan dirinya “very customizable” (mudah disesuaikan tampilan & fiturnya). Firefox menyediakan banyak pilihan themes, plugins, extension yang bisa dipilih sesuai kebutuhan penggunanya. Opera menganggap dirinya “coolest” (paling keren). Dalam hal ini sepertinya Firefox lebih jelas dalam mendefinisikan kehebatannya. Mengatakan browser-nya lebih mudah disesuaikan tentu lebih mudah dimengerti orang, lebih mudah diukur daripada sekadar “paling keren” kan?

Dilihat dari iklan kedua web browser tadi, aspek emosional pengguna menjadi target iklan dan tagline yang digunakan. Meminjam istilahnya Hermawan Kertajaya, dunia marketing saat ini sudah masuk era “marketing in Venus”. Memasarkan produk seperti di dunia Venus (Venus adalah gambaran dari wanita); sementara kita tahu wanita kebanyakan memilih produk, membeli produk lebih karena pertimbangan emosional. Nah rupanya pemasaran software (meskipun Firefox dan Opera adalah gratisan) juga menggunakan kaedah yang sama; memasukkan juga aspek-aspek emosional dalam iklannya (pernah dapat penghargaan, paling keren, paling mudah dipakai, paling mudah disesuaikan dengan selera).

Saya sendiri lebih sering menggunakan Firefox sebagai web browser, bagaimana dengan Anda?

Eh katanya web browser itu kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesianya menjadi “perambah internet”….apa enak ya pake istilah itu?

11 thoughts on “Firefox Vs. Opera

  1. Sebenarnya klaim-klaim Opera lebih bombastis. Kenyataannya yang pakai kok kalah banyak dengan pengguna Firefox. Saya dulu pakai Opera, tapi tampilan, kemudahan pengguna, dan add-on membuat saya berpaling.

  2. @ Anggara : saya punya macem2 browser (Firefox, Opera, Safari, IE) tapi yang paling sering dipakai ya Firefox.

    @ Amir Karimuddin : iya betul, add-ons en plugins bikin Firefox lebih pas dipakai.

    @ masliliks : hari gini baru nyoba Opera :))

  3. lha ppiye mas, saya kan pengguna firefox sejak jaman masih firebird 😀
    selama ini luwakgeni paling nyaman , mau ditiru IE7 juga masi nyaman firefox
    sayang nya nda ada firefox mobile ya? minimo? ada yang mau bikin? busen pake opera mini wakakak

  4. @ sandynata : berarti PC yang satunya jalan pake Linux donk? pake distro apakah?

    @ masliliks : oh sampeyan ternyata pengguna setia Firefox toh :))

  5. mari kita lihat siapa yang menang:
    internet browser: mozilla firefox 3 Opera 9.64
    keamanan : aman aman
    kecepatan : cepat cepat
    tampilan : indah indah
    memori : memakan banyak memori sedikit memakan memori
    performa : cepat di Ram besar Ram besar dan kecil
    lambat di Ram kecil sama cepat

    jadi membuktikan bahwa opera 9.64 jauh lebih baik daripada mozilla firefox. Saya sendiri pun waktu sering memakai mozilla firefox 3 sering mati-mati. Tapi opera 9.64 membuat saya lebih nayaman

Leave a Reply