Gempa Bengkulu

Sore ini ketika saya baru sampai ke rumah dari kantor, Metro TV sedang memberitakan adanya gempa. Gempa lagi sore ini terjadi di sekitar Bengkulu berkekuatan 7.9 skala Richter. Gempa ini dikabarkan berpotensi menimbulkan tsunami. Katanya gempa ini terasa sampai Padang, Dumai, Pekanbaru. Gempa terjadi sekitar pukul 18.10 wib.

Menurut Detik.com gempa ini berpusat di laut sebelah barat daya Bengkulu yang berjarak 159 dari kota Bengkulu (tepatnya pada koordinat 4,67 Lintang Selatan- 101,13 Bujur Timur). Pusat gempa menurut BMG berada di kedalaman 10km. Inilah yang menimbulkan spekulasi bahwa gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Sebab konon katanya tsunami terjadi akibat gempa kuat yang berpusat dekat dengan permukaan bumi. Mudah-mudahan tidak ada tsunami lagi di Indonesia.

Anda yang tinggal di Jakarta merasakan efek gempa ini? Sebab katanya sore ini Jakarta pun terkena efek gempa. Pukul 18.15 saya masih di jalan jadi mungkin tidak terlalu merasakan efeknya. Ada yang bisa berbagi ceritanya?

Leave a Reply