DHCP Restart

Di rumah saya menggunakan Speedy. Kadang Ubuntu saya sering susah mendapat IP DHCP..entah kenapa padahal sudah dapat PPP. Biasanya kalau sudah begitu saya restart modemnya dan kalau masih belum dapat IP saya restart juga servis dhcpnya. Di Ubuntu saya menggunakan perintah ini untuk mereset servis networking supaya Linux saya segera mendapat IP :

# sudo /etc/init.d/networking restart

atau ini :

# sudo /etc/init.d/networking force-reload

Biasanya sukses langsung dapat IP begitu perintah ini dijalankan. Kalau saya menggunakan Windows, cepat sekali dapat IPnya (asumsi PPP sudah dapat – kelihatan dari lampu WAN di modem ADSL saya sudah menyala). Kenapa ya Ubuntu sering begitu?

4 thoughts on “DHCP Restart

  1. Ah bukan ubuntu doank ted, itu mslh di linux, gw sndr jg dulu sring ngalamin apalagi wkt pake telkomnet instant, kyk nya settingan di server sono nya dech…mkn lbh kompatibel dengan protocol2 nya M$.

  2. Oh, bkn DHCP nya. Mslh nya mkn di koneksi PPP nya, biar gimana pun juga kan antara server sono dengan kompi lo encap nya pake ppp, walaupun design protokol semua sama tp implementasi beda, nah…kadang klo konfig dr sono nya jg gak standar (yg meng-asumsikan client nya windows) bisa beda hasil nya klo ternyata client pake linux. Tp gw cm ngira-ngira sih, gak tau mslh sebenar nya dimana…:P

Leave a Reply