SUDO Di Windows

Di lingkungan sistem operasi Linux maupun Unix ada perintah su atau sudo untuk menjalankan perintah sebagai user root. Misalnya, untuk mengubah konfigurasi IP kita harus login sebagai root. Bila kita login ke dalam sistem sebagai user biasa, kita juga bisa mengubah IP tanpa harus keluar dulu dan login kembali sebagai root; cukup jalankan perintah :

# sudo ifconfig eth0 192.168.1.6 netmask 255.255.255.0
Password :

Sistem akan meminta kita memasukkan password root. Dengan cara seperti ini kita tidak perlu logout dulu dan login kembali sebagai root untuk menjalankan sebuah program.

Di Windows, user yang sama fungsinya dengan root adalah Administrator. User Administrator adalah user dengan hak akses paling tinggi (dia memiliki akses untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan sistem). Salah satu yang bisa dikerjakan oleh Administrator adalah menginstal sebuah program. Selama ini jika ingin menginstal sebuah program ke dalam Windows, saya harus keluar dulu dan login kembali sebagai Administrator…rasanya merepotkan. Saya berpikir enak di Unix, bisa kerja sebagai user lain tanpa harus login ulang.

Tadi saya baru tahu setelah Googling bahwa perintah yang sama dengan sudo adalah runas. Misalnya saat login sebagai user biasa, kita ingin menginstal sebuah program dengan nama contoh.exe maka melalui command prompt kita bisa menginstal program tersebut. Perintahnya seperti ini :

E:\> runas /user:Administrator contoh.exe
Enter the password for Administrator:

Pada contoh di atas saya menjalankan instaler contoh.exe sebagai Administrator. Baik di Unix maupun Linux yang lebih penting adalah kita harus tahu dulu password Administratornya atau password root 😀 Kalau tidak tahu, tidak ada gunanya kedua perintah tadi…he..he..he..

Leave a Reply