Mengapa Telapak Kaki?

gnome-footAnda kenal gambar ini? Kalau Anda pengguna sistem operasi berbasis Unix, seharusnya Anda kenal gambar di samping ini 😀 . Gambar telapak kaki ini adalah logo dari GNOME. GNOME adalah kependekan dari “GNU Network Object Model Environment”. Lalu GNU sendiri itu apa? GNU = “GNU Not Unix” bingung kan? sama saya juga bingung dengan singkatan berulang ini :))

Tahukah Anda mengapa logo GNOME adalah gambar telapak kaki berjari 4? Tadi iseng saya membuka Oxford Pocket Dictionary, di sana kata “gnome” salah satu artinya adalah “(in stories) small old man who lives under the ground”. Kalau menurut analisis bodoh-bodohan saya, ini mungkin ini bisa dijadikan alasan mengapa gambar kaki yang tidak biasa ini dijadikan logo GNOME. Bagaimana mengartikan “small old man”? Apakah itu orang kerdil atau kurcaci? Mengingat disebutkan itu hanya dalam cerita, mungkin bisa disamakan dengan tokoh Frodo di film The Lord of The Rings. Frodo di film tersebut adalah gambaran orang kerdil, disebut sebagai kelompok Hobbits. Gambar telapak kaki ini mungkin representasi dari kaki dari makhluk yang menyerupai manusia, tapi bukan manusia.

Ah ini cuma analisis bodoh-bodohan saya saja :))

GNOME adalah salah satu desktop environment (desktop manager?)yang populer terutama di sistem operasi semacam GNU/Linux dan Solaris. Desktop environment menurut Wiki adalah perangkat lunak yang berjalan di atas suatu sistem operasi dan bertindak sebagai antarmuka grafis (GUI/graphical user interface) bagi penggunanya. Selain GNOME ada juga KDE, XFCE, Aqua (milik MacOSX), dsb.

Leave a Reply