Ke Surabaya – part 1

Pagi ini saya berangkat ke Surabaya. Tadi pagi saya meninggalkan rumah pukul 5 pagi dengan menggunakan taksi menuju bandara. Di terminal 2F pagi tadi cukup ramai. Padat juga rupanya jadwal penerbangan pagi ini. Saya sendiri berangkat dengan penerbangan GA302. Boeing 737-400 yang saya tumpangi lepas landas pukul 7.20. Mendarat di Bandar Udara Juanda Surabaya pukul 8.30. Sampai di Surabaya, saya dijemput sopir dari kantor klien yang akan saya kunjungi. Pagi ini cuaca Surabaya panas terik ketika saya dalam perjalanan keluar dari bandara.

Saya lalu diantarkan ke kantor klien di kawasan Industri Margomulyo. Klien ini adalah perusahaan pengolahan udang dkk, nama perusahannya Bumi Menara Internasional. Seharian saya bersama 2 rekan yang sudah lebih dulu berada di Surabaya bekerja di sana. Pekerjaan saya hari ini adalah mengganti memori server yang rusak, menambah memori baru, mengkonfigurasi ulang RAID 5 dan mengatur volume dalam storage. Oh ya servernya adalah Fujitsu Primepower 450 dan 650, sementara storagenya adalah Fujitsu Eternus 3000. Sementara 2 rekan saya yang lain mengurusi konfigurasi SAP.

Yang memakan waktu paling lama adalah mengkonfigurasi ulang multipath pada koneksi server dengan storage. Ini sekilas cerita tentang multipath :

Salah satu server dihubungkan pada sebuah storage (external disks) melalui 2 buah kabel fiber. Di server terdapat 2 buah fibre channel PCI card. Server mengakses beberapa buah volume yang ada di dalam storage. Multipath di sini gampangnya adalah mengatur redundancy koneksi storage dan server. Dengan 2 buah fibre channel card, server akan membaca sebuah volume sebagai 2 volume berbeda. Dengan menggunakan multipathing, server akan mengenali volume sekali saja, sebagai sebuah volume tunggal. Keunggulan multipath adalah jika salah satu kabel putus atau salah satu card rusak, koneksi antara server dan storage tetap terjaga. Ini yang memakan waktu paling lama. Itupun sudah bertelepon-teleponan dengan rekan saya di Jakarta (untuk mohon petunjuk πŸ˜€ ) Baru sekitar pukul setengah 7 malam saya sukses mengkonfigurasi ulang multipath ini. Ah memang saya harus belajar lebih banyak lagi tentang multipathing πŸ™ .

Malam ini saya menginap di Somerset Hotel. Hotelnya cukup nyaman, sayangnya cukup jauh dari keramaian kota. Setelah mandi, saya keluar untuk makan malam. Saya dan rekan memilih untuk makan di dekat hotel. Ada warung mie Ujung Pandang. Celakanya ternyata mie disajikan dengan taburan daging babi #-o …rusak deh selera makan saya malam ini. Itu saja cerita saya hari ini. Besok akan saya ceritakan pengalaman yang lain lagi selama di Surabaya πŸ˜€

4 thoughts on “Ke Surabaya – part 1

1. hoi, multipathing di SAN Switch ya, tinggal nembak alamat IP SAN switch, buka broser, tinggal di konfigur deh HBA anu konek kemana pake IP mana? kan gampang…….kayaknya sih, gw juga belom pernah nyoba komplet :p …pulang ajarin ya πŸ˜€

btw, pulsa di reimburst dong πŸ˜€

2. @ jesie : itu konfigurasinya gak pake SAN Switch..direct connect dari storage ke server. nelponnya pake telpon kantor clientnya :-p gak tau deh ntar dapet lemburan gak.