LaTeX Lagi

Di blog saya yang dulu banyak tulisan saya yang membahas tentang LaTeX. Semenjak beralih ke blog ini, saya jarang (kayanya hampir tidak pernah) menulis tentang LaTeX. Sederhana saja sebabnya, saya belum tahu caranya menyisipkan kode LaTeX ke dalam WordPress saya. Akibatnya saya tidak bisa menyisipkan contoh dokumen yang dibuat dengan LaTeX.

latex

Kemarin ada yang mengirim email pada saya bertanya tentang bagaimana caranya mempelajari LaTeX. Si penanya rupanya sudah membaca tutorial saya tentang LaTeX yang pernah saya upload di sini. Hmm…jadi semangat lagi menulis tentang LaTeX.

Tahap mempelajari LaTeX menurut saya sangat mudah, gampangnya seperti ini :

  1. Instal dulu LaTeX ke dalam komputer Anda. Installer LaTeX bisa Anda unduh di Internet. Kalau Anda pengguna GNU/Linux, sudah banyak distro yang menyertakan LaTeX di dalam kumpulan paketnya (misalnya OpenSuSe, RedHat, Fedora). Saya menyarankan Anda untuk menggunakan TeXLive sebagai media instalasi, karena media ini cukup lengkap (dalam 1 DVD ada paket untuk Windows, GNU/Linux, & MacOS). Yang kesulitan mengunduh TeXLive dari Internet, silakan hubungi saya nanti saya kirimkan copy-nya.
  2. Mulai latihan dengan mencoba-coba perintah sederhana LaTeX. Misalnya bagaimana menampilkan teks pendek ke dalam sebuah halaman. Tentunya harus dipelajari juga prinsip kerja LaTeX. Ketik teks, beri perintah-perintah, compile, lihat hasilnya.
  3. Lanjutkan latihan dengan membuat dokumen-dokumen sederhana. Nanti pasti Anda akan menemui banyak masalah yang bisa dijadikan sumber belajar. Misalnya bagaimana mengatur margin dokumen, bagaimana menyisipkan tabel, gambar, dsb.

Selamat mencoba LaTeX, silakan hubungi saya untuk bertanya-tanya tentang LaTeX. Sebisa mungkin saya akan coba bantu Anda belajar LaTeX 😀 .

4 thoughts on “LaTeX Lagi

  1. Mas, mau tanya nih:
    Bagaimana caranya agar penulisan judul bab sesuai dengan keinginan (tidak pakai style default)? Misalnya, secara default LaTeX akan membuat judul bab seperti ini:

    Bab I
    Judul_Bab

    Sedangkan kita inginnya ditulis rata tengah seperti

    Bab I
    Judul Bab

    atau

    I. Judul_Bab
    1.1 Sub_Bab

    Makasih ya.

Leave a Reply