Biliar di Hasyim Ashyari

Semalam saya pergi main biliar di Kemakmuran Biliar. Tempatnya di Jalan Hasyim Asyari (entah mana yang benar penulisannya Hasyim Asyari atau Hasyim Ashari?) . Baru pertama kali saya main di tempat ini. Itu juga atas ajakan beberapa rekan Indo Bilyar (tepatnya atas ajakan Ferry “bos cue” Danuarta). Biasanya kami main di Batavia Sport (jalan Panjang). Berhubung ingin mencari suasana baru, kami pindahan sementara main di Kemakmuran.

Yang spesial dari tempat ini adalah mejanya yang bagus, kain laken mejanya super licin, dan ban pinggir meja benar-benar berfungsi. Perlu sedikit penyesuaian bermain di meja yang licin seperti ini. Kelebihan tenaga bisa membuat bola menggelinding jauh tidak seperti yang diinginkan. Selain itu lubang di meja ini relatif lebih kecil, cocok sekali untuk latihan biliar.

Yang kurang spesial dari tempat ini adalah akustik ruangan yang kurang bagus. Keramaian orang di sekitar 12 meja tidak teredam dengan baik. Suasana jadi terasa hingar bingar. Orang auditori seperti saya cukup terganggu dengan suasana ramai seperti ini. Tapi setelah jam 12, ketika pengunjung lain satu per satu pulang, musik berubah jadi menyenangkan bagi saya. Yang diputar lagu-lagu jazzy..ada Michael Bubble 🙂 Yang senang main biliar di tempat bermusik kencang (macam di Roxy Pool House) pasti kurang senang karena katanya lagu jazzy bikin ngantuk.

Oh ya saya baru tahu ternyata dulunya jalan Hasyim Asyari itu bernama jalan Kemakmuran. Pantas tempat ini disebut orang sebagai KONI Kemakmuran. Katanya di tempat ini juga ada tempat khusus untuk Pelatnas biliar. Namun setelah POBSI pindah ke Senayan tempat ini jadi tidak terlalu difungsikan sebagai Pelatnas. Tempatnya kalau tidak salah dekat Gereja Bunda Hati Kudus. Tempat ini juga tidak terlalu jauh dari pertigaan jalan Gajah Mada.

Semalam saya dan rekan-rekan berhenti main dan pulang ketika jam sudah menunjukkan setengah 3 pagi 🙂 Tapi masih banyak juga orang yang bermain di sana (sepertinya anggota klub biliar yang ada di sana). Konon yang sering main di Kemakmuran Biliar itu, banyak juga yang sering main sampai pagi..sampai tukang bubur di depan mulai berjualan =)) Gila…pantas jago-jago mainnya, semalam suntuk latihan…

4 thoughts on “Biliar di Hasyim Ashyari

Leave a Reply