Kiriman CD

Kemarin saya menerima kiriman CD Ubuntu 7.10 yang saya pesan lewat http://shipit.ubuntu.com. Ada CD Ubuntu 7.10 for PC dan Ubuntu 7.10 for 64bit PC, plus stiker-stiker Ubuntu. Ini kali ketiga saya mendapat kiriman CD Ubuntu.

Saya baru mencoba menjalankan Live CDnya saja. Mau menginstal Ubuntu 7.10 ini sayang belum punya DVD repositorinya. Entah apakah DVD repository Ubuntu 7.04bisa dipakai juga dengan 7.10…rasa-rasanya sih tidak bisa. Ada yang bisa bantu saya bagaimana memanfaatkan DVD repositori Ubuntu 7.04 untuk diinstal di Ubuntu 7.10? Karena pasti DVD repositori Ubuntu 7.10 pasti memiliki paket-paket yang ada sudah ada di dalam DVD repositori versi 7.04nya.

Fitur yang saya lihat baru ada di Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon ini adalah pengenalan yang baik terhadap partisi berformat NTFS. Dulu saya selalu menginstal paket ntfs-3g setelah menginstal Ubuntu 7.04 supaya partisi Windows dan USB flash drive saya dikenali dan bisa ditulisi (read write mode). Ubuntu 7.04 secara default hanya mengijinkan mode read only untuk partisi-partisi berformat NTFS. Namun yang masih saya sayangkan dari Ubuntu adalah keengganan para pengembangnya untuk memasukkan codec untuk file-file multimedia seperti MP3, MPEG, AVI, dll. Terbentur masalah hak kekayaan intelektual? Atau malas dianggap sebagai pembajak…mengingat banyak sekali MP3 bertebaran di Internat adalah hasil bajakan dari CD musik original?

Tiga minggu yang lalu saya juga mendapat kiriman DVD OpenSolaris. Ini pun baru saya coba versi Live CDnya saja. Berat rasanya menjalankan OpenSolaris di PC pribadi saya.Belum ada keinginan untuk menginstal OpenSolaris secara permanen ke dalam komputer. Enak juga mendapat kiriman-kiriman macam ini 🙂 Gratis…

Leave a Reply