Semarang part 2

Ah selesai juga pekerjaan saya hari ini..lega rasanya. Tinggal menikmati waktu di Semarang sampai terbang kembali ke Jakarta besok sore :D. Datang di lokasi pagi ini jam 10 lebih, saya langsung mengerjakan sisa pekerjaan kemarin. Tidak ada pekerjaan fisik lagi hari ini. Server dan storage sudah di rak. Keduanya sudah terhubung melalui SAN Switch. Konfigurasi semuanya bisa dilakukan dengan duduk santai menghadapi notebook (enak kerja begini daripada angkat-angkat seperti kemarin…he..he..he..).

SAN Switch adalah sebuah switch yang memiliki port fibre optic yang berfungsi untuk menghubungkan 1 atau beberapa storage dengan 1 atau lebih server...SAN itu maksudnya Storage Area Network. Koneksi server/storage ke SAN switch menggunakan kabel fiber optic. Eh storage itu maksudnya kumpulan harddisk yang dikendalikan oleh 1 atau lebih controller. Server pasti Anda sudah tahu…ya betul…komputer; jadi sebenarnya simpel kan pekerjaan saya, menambah harddisk pada komputer =))

Semua volume sudah siap di sisi server, setting sedikit di SAN Switch, lakukan konfigurasi di server supaya mengenali volume yang dibuat di storage, jalankan setting multipath pada server dan selesai. Server sekarang memiliki tambahan eksternal harddisk dari storage. Setelah target pekerjaan selesai saya lalu mengerjakan user acceptance test (UAT) bersama dengan Pak Djainul (person in charge dari Icon+). UAT adalah dokumen yang isinya adalah beberapa check list yang harus diisi oleh client untuk membuktikan bahwa semua barang sudah diantarkan dalam keadaan baik, semua hardware dalam keadaan normal, dan semua konfigurasi sudah benar. Dokumen UAT tersebut saya buat buat Jumat malam kemarin…tinggal nyontek UAT yang sudah pernah dibuat rekan saya sebenarnya :-p.

Sambil mengisi UAT, saya juga sedikit transfer knowledge tentang server dan storage yang sedang dites. Semuanya beres sekitar pukul 3 sore. Mohon maaf bagi Pak Djainul, mas Lukman, dan mas Andre yang terpaksa menemani saya, libur akhir pekan kalian jadi terganggu. See you all next time 🙂

One thought on “Semarang part 2

Leave a Reply