Gagal Mounting Partisi Windows

Saya sehari-hari menggunakan Windows XP di dalam notebook untuk urusan kantor. Tapi saya juga menginstal Ubuntu Linux juga di dalam notebook ini. Kalau saya menggunakan Ubuntu, semua partisi Windows saya mount read write ke dengan bantuan paket ntfs-3g. Supaya tiap kali boot ke dalam Ubuntu semua partisi Windows saya ter-mount (apa bahasa Indonesianya ya?), maka saya daftarkan ke dalam file /etc/fstab. Dengan demikian semua partisi otomatis ter-mount.Hari ini saya baru tahu kalau Ubuntu tidak mau melakukan mount pada partisi Windows jika Windows berada dalam mode hibernate. Awalnya saya heran mengapa ketika saya menyalakan notebook dan masuk ke dalam Ubuntu, partisi Windowsnya tidak otomatis ter-mounting. Ketika saya mount secara manual, saya malah tidak bisa masuk ke dalam mount point-nya. Pesan erornya adalah Permission denied. Aneh.

Saya berpikir jangan-jangan karena tadi saya mematikan komputer (ketika sedang menggunakan Windows) dengan cara hibernate. Jadi saya coba untuk masuk lagi ke dalam Windows lalu melakukan shutdown secara baik-baik. Ah ternyata benar dugaan saya. Setelah restart dan masuk lagi ke Ubuntu, semua partisinya Windows bisa ter-mount lagi secara otomatis.

Jadi kesimpulan sementara adalah partisi ntfs yang masih berada dalam mode hibernate tidak bisa di-mount oleh Linux. Masuk akal juga sih, hibernate kan menyimpan semua kondisi yang aktif sesaat sebelum Windows dimatikan (program yang sedang jalan, dokumen yang belum disimpan, dll). Kalau partisi lain melakukan mounting bisa-bisa semua yang sedang disimpan tersebut hilang (data corrupt??) dan proses berarti proses hibernate-nya gagal.

Tapi saya tidak tahu persisnya bagaimana proses hibernate Windows memberi peringatan kepada aplikasi lain yang ingin melakukan mounting. Maksud saya kok Linux bisa tahu ya bahwa partisi tersebut sedang digunakan oleh aplikasi lain? Ada yang bisa beri pencerahan?

Leave a Reply