Dual Boot Solaris 10 & Windows XP

Tadi sepulang kerja saya mencoba menginstal Solaris 10 (versi x86) ke dalam notebook saya. Sebenarnya dulu saya pernah mencoba menginstal Solaris 10 versi PC ini (lihat tulisan saya di sini). Tapi dulu saya instal ke dalam sebuah harddisk kosong. Sejak saat itu saya belum pernah mencoba instalasi ke dalam harddisk yang sudah terisi sistem operasi lain.

Solaris 10 versi x86 (versi PC gitu lah) harus diinstal pada partisi primer. Jadi terpaksa saya korbankan partisi Linux saya. Di notebook tadinya terinstal Windows XP dan Ubuntu Linux. Windows XP saya pakai sehari-hari di kantor. Karena penasaran untuk mencoba bagaimana dual boot antara Windows dan Solaris maka Ubuntu yang saya korbankan. Saya ubah dulu partisi yang tadi dipakai Ubuntu menjadi primary partitions (dengan bantuan Partition Magic). Alhasil setelah restart, GRUB error dan saya jadi tidak bisa masuk ke dalam Windows. Padahal tadi saya masih di kantor. Ah terpaksa saya boot melalui CD Windows XP, masuk menu Recovery, lalu jalankan perintah fixmbr. Sukses masuk ke Windows, saya pun pulang ke rumah.

Sampai di rumah saya instal deh Solaris 10-nya. Cukup lama juga instalasinya, sayang tidak ingat untuk menghitung berapa lama waktu instalasinya. Solaris 10 terpasang mulus dengan GRUB sebagai boot loader-nya. Lewat GRUB saya bisa memilih untuk masuk ke dalam Solaris 10 atau masuk ke dalam Windows XP.

Berikut adalah tampilan layar Solaris 10 dengan Java Desktop Environment.

solaris10x86.jpg

Belum sempat mencoba konfigurasi macam-macam. Besok lagi deh main-mainnnya….

9 thoughts on “Dual Boot Solaris 10 & Windows XP

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » OpenSuSe 10.3

  2. maap nih kang Tedy ato responder lainnya saya pengen nanya,, solaris itu ada brp jenis si?? soalnya kmaren mbeli DVD (1 keping) SOLARIS 10 SPARC namanya,, g bootable,, apa harus pake processor sparc y?? aduh g ngerti euy,, butuh pencerahan,, makasi sebelumnya..

  3. @ ramentuk boyz : solaris kl diliat dari arsitekturnya ada yang utk Intel x86 ada juga yang utk Sparc. Yang Intel x86 setau saya baru ada di Solaris 10. Solaris versi-versi sebelumnya ga ada yang support x86. jadi kalau mau install di pc biasa ya harus beli yg Solaris 10 x86.

  4. kang tedy, beli solaris 10 x86 dimana ya? dan kira2 berapa harganya?
    trus kang tedy install solaris di komputer intel, spek komputernya apa?

  5. @ wilson : di Mal Amabassador banyak tuh yang jual solaris 10 x86 🙂 harganya ya standar lah yang jualan cd di sana, ga tau persisnya berapa. Wah saya lupa loh spec komputer yg dulu dipake

Leave a Reply