SUNWexplo

Pagi ini Jakarta masih seperti kemarin-kemarin, mendung tebal. Bahkan pagi ini sekitar pukul 7 langit Jakarta sepertinya lebih gelap dari kemarin. Jalanan memang masih relatif lebih lancar. Jam 9 saya keluar meninggalkan kantor pergi ke Toyota. Baru sampai Tanah Abang (memutar menghindari 3in1) hujan sudah turun. Masuk tol dalam kota hujan tambah menggila, deras sekali. Hampir semua kendaraan melambatkan lajunya.

Genangan air di beberapa titik di jalan tol dalam kota arah Tj.Priok membuat kendaraan lebih melambat lagi. Derasnya hujan membuat jarak pandang jadi sedikit berkurang. Waduh ngeri juga kalau terus-terusan begini. Bukan ngeri hujannya tapi ngeri kalau Jakarta banjir lagi. Apalagi Toyota ada di Sunter, kawasan yang dari dulu jadi langganan banjir. Mudah-mudahan hujan cepat reda dan Sunter kali ini aman dari banjir.

Ke Toyota siang ini sebenarnya cuma mau mengambil log dari server SUN milik Toyota. Ternyata untuk mengumpulkan log butuh waktu cukup lama. Salah satu perintah yang saya jalankan adalah :

# /opt/SUNWexplo/bin/expoler

Expoler adalah alat bantu untuk mengumpulkan log detail dari server ke dalam sebuah file *.tar (sudah terkompres). Dengan menggunakan expoler kita bisa melakukan analisis terhadap server. Misalnya kita bisa melihat berapa banyak disk yang dimiliki server, apa error message yang dimunculkan oleh Solaris, bagaimana konfigurasi IP yang dipakai, dsb. Tanpa opsi macam-macam, perintah expoler akan menghasilkan file di dalam direktori /opt/SUNWexplo/output. Saya pribadi tidak terlalu familiar dengan SUNWexplo karena kebanyakan saya bersentuhan dengan server Fujitsu. Fujitsu punya tools tersendiri yang sama fungsinya dengan SUNWexplo, namanya fjsnap.

Rupanya expoler butuh waktu lama (hitungan jam) jika server memiliki banyak disk (apalagi dengan kapasitas yang besar). Entah benar atau salah kesimpulan saya ini. Tapi sepertinya benar, sudah 2 jam saya jalankan expoler tapi belum selesai-selesai juga. Saya pertama menjalakan pukul 10.54; sekarang sudah pukul 12.52 belum selesai juga. Mudah-mudahan hal ini adalah sesuatu yang wajar. Kalau tidak, bisa panjang juga cerita mengumpulkan log kali ini.

Lapar euy…cari makan dulu kalau begitu.

2 thoughts on “SUNWexplo

Leave a Reply