OpenSuSe 10.3

Hari ini saya di kantor berkutat mencoba Jumpstart di Solaris. Jumpstart adalah metode instalasi Solaris secara remote. Nanti saya ceritakan khusus tentang Jumpstart ini. Percobaan yang menarik menginstal Jumpstart server ini. Kali ini saya cuma mau cerita sedikit soal Open SUSE 10.3. Siang ini saya dapat pinjaman DVD OpenSUSE 10.3 dari Ramdhan, rekan saya. Ah mainan baru untuk dicoba malam ini. Sepulang kantor saya bongkar lagi partisi Solaris yang baru 2 hari lalu masuk ke notebook saya. Saya instal OpenSUSE 10.3, cuma penasaran seperti apa sih OpenSUSE terbaru ini.

Yang saya senang adalah OpenSUSE 10.3 sudah mendukung format MP3. Tanpa perlu menginstal paket-paket lain secara manual, default instalasinya sudah memasang semua paket yang dibutuhkan untuk memutar musik berformat MP3. Lihat nih tampilan OpenSUSE yang “hijau” ini :

open suse 10.3

Sama seperti Ubuntu 7.10, OpenSUSE juga sudah mendukung ntfs-3g. Dengan paket ini partisi NTFS yang ada di dalam harddisk dapat dikenali dengan mudah. Tidak terlalu aneh sih karena seingat saya di versi sebelumnya (10.2), Open SUSE juga sudah mengenali NTFS dengan baik. Versi terbaru Open SUSE ini sekarang dilengkapi dengan Pidgin, bukan Gaim lagi sebagai program instant messenger-nya. Firefox yang terpasang adalah versi 2.0.0.6.

Tadi Ramdhan juga meminjami saya DVD Mandriva 2008. Apakah besok saya akan mencoba Mandriva 2008 juga? Ah distro freak…jarang dipakai gara-gara dibongkar pasang terus-terusan =))

Leave a Reply