Internet Murah…Emang Ada?

Sejak pindahan ke blog baru ini, blog lama saya masih saja dibaca orang. Tulisan yang paling sering dibaca dan dikomentari adalah tulisan Internet via Handphone CDMA. Yang membuat saya geli adalah banyaknya komentar yang menanyakan tentang internet gratisan dengan menggunakan CDMA.

Topik tadi sebenarnya sering saya baca juga di beberapa milis IT. Ada gosip yang mengatakan kita bisa mengakses internet gratis dengan menggunakan kartu CDMA (dengan ponsel CDMA juga tentunya). Ada-ada saja ide orang dalam menawarkan dagangannya. Cukup banyak yang menawarkan trik berinternet gratis dengan ponsel CDMA. Ha…hari gini kok cari gratisan.

Bocoran yang saya terima dari beberapa milis IT dan komentar yang saya terima di blog, trik yang dimaksud adalah mengakses internet dengan terlebih dulu mengatur proxy dengan alamat IP tertentu. Katanya beberapa server di luar negeri bisa kita pakai proxynya untuk mengakses internet. Dengan cara itu katanya kita bisa mengakses internet secara gratis. Saya memang tidak pernah mencoba teknik ini, tapi ini tidak masuk sama sekali ke dalam logika saya. Kalaupun benar bisa dapat internet murah dengan teknik tersebut, saya jamin pasti lemot alias lambat sekali aksesnya.

Jujur sejak awal kali saya dengar ada rumor tentang internet gratis dengan ponsel CDMA, saya sama sekali tidak tertarik. Logika saya simpel saja, kalau rumor itu benar adanya….semua orang pasti sudah beralih menggunakan CDMA untuk mengakses internet. Apalagi setelah tahu bahwa kita harus bayar sekian ratus ribu rupiah untuk mendapatkan triknya…halah itu sih bayar juga namanya. Sampai sekarang saya masih tidak percaya dengan segala sesuatu yang ada embel-embel gratis. Bohong lah kalau ada yang menjual servis secara gratisan. Eh tapi Canonical mengirim-irimkan CD Ubuntu gratisan ya πŸ™‚ . Secara umum tidak ada lah yang menjual servis gratisan, anggap saja apa yang dilakukan oleh Canonical itu tindakan amal.

Sekarang tiap kali ada yang mampir ke blog saya menanyakan bagaimana cara berinternet gratis, saya akan jawab : mau internet gratisan, silakan nebeng ke teman Anda yang punya akses internet =)). Tapi ini bisa dijadikan gambaran bahwa akses internet di Indonesia masih cukup mahal harganya. Dari situ saya juga bisa menyimpulkan bahwa pasar untuk internet murah di Indonesia sangat terbuka lebar. Banyak sekali orang yang menginginkan akses internet murah, saya juga masih mengidamkan internet murah loh ( murah dan kencang aksesnya :-p ). Ada tuh Fastnet….hmm tapi sialan tidak masuk ke tempat saya.

Terima kasih untuk Ridwan (salah satu yang mengirim komentar di blog saya) yang sudah berbagi pengalamannya tertipu membeli trik cara mengakses internet gratisan lewat CDMA di blog saya. Mudah-mudahan tidak ada lagi yang tertipu.

14 thoughts on “Internet Murah…Emang Ada?

  1. @ Calvin : tempat saya belum tercover sama Fastnet…padahal pengen banget tuh saya pasang. Murah, kenceng lagi..Oh Anda di Bandung ya? Gmn dengan IM2 layanannya?

  2. saya pakai im2 sebenarnya dibagi empat, jadi pemilik toko komputer sebelah kos saya menyediakan semua peralatannya. biaya instal router 100 rb, dan untuk internetnya sendiri 250 rb/bulan (unlimited).

    beberapa bulan terakhir kecepatannya amat menyedihkan. hanya berkisar 4-7 Kb/s, kalau lagi beruntung bisa stabil sekitar 8 jam dengan kecepatan 45 Kb/s (tanpa download manager). Kecepatan normal dengan download manager bisa mencapai 25-37 Kb/s lah.

    menurut saya, masih lebih menguntungkan im2 sih, soalnya harganya lebih murah dari telkom spidi.

  3. itu yang 4-7 Kbps kecepatan downloadnya? atau kecepatan browsingnya? 4-7 Kbps itu download dari mana? Speedy sih bisa dapat 40-50 Kbps..tapi itu kan tergantung juga sama dari site mana downloadnya..

  4. AH…ARTIKEL INI BOHONG!!! SAYA INTERNETAN GRATIS KOK!!! dari kantor πŸ˜€ *ngibrit ke north pole* lagipula akses internet 24 jam itu optimasi untuk non serius 99 % yang serius 1% pasti deh, PASTIβ„’ nanti ngerasa “i feel stuck and cant get more from internet” xixixixixixixi

  5. Sebaiknya daripada pusing mikirin ngenet. Gimana kalau ngebahas gimana kita bikin provider sendiri, trus kita bikin proposal deh ke softloan-softloan luar negeri or nyari investor yang siap bantu kita. Atau kumpulin dana dari temen-temen ! (Pada mau ngga ya).
    Githu bro. Sekalian blajar bisnis githu.

  6. Internet Gratisan pake CDMA? Ada tuch, gue juga udah coba, tapi cuma bisa 30 detik, udah itu harus di konek lagi. Ribet lah, neningan bayar sekalian.

Leave a Reply