Menulis Untuk Siapa?

Sore ini seorang teman protes kepada saya saat chat di Yahoo Messenger. Teman saya protes kenapa saya belakangan jadi selalu menulis di blog dengan tema komputer. Katanya dia tidak mengerti tulisan-tulisan saya yang tentang komputer (mungkin yang dia maksud adalah tulisan saya yang berbau Linux & Solaris). Saya bisa maklum kalau teman saya ini yang protes, maklum karena sebagai pedagang berlian dia jauh dari dunia IT apalagi Unix. Hmmm…protes yang membuat saya jadi berpikir : jadi kita menulis blog untuk siapa dan untuk apa? Untuk dibaca dan dinikmati orang lain? Atau untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran kita? Atau untuk berbagi sedikit informasi dan pengetahuan dengan orang lain?

Banyak tulisan saya membahas tentang Unix, komputer, internet. Tulisan-tulisan sederhana memang, sesuai dengan tagline blog saya : Tulisan saya yang bodoh ini….alias tulisan versi bodoh-bodohan. Tapi saya tetap menulis karena saya yakin masih banyak orang yang memerlukan tulisan “tech for dummies” ini. Buktinya masih saja ada orang yang mampir ke blog saya gara-gara bertanya kepada Google, menanyakan hal-hal yang menurut saya “sederhana”. Saya tahu itu dari fitur Search Engine Terms yang ada di Dashboard-nya WordPress. Banyak hal sederhana yang ditanyakan orang di Google, misalnya : bagaimana menginstal Microsoft Office, bagaimana mengganti IP, bagaimana cara instal damn small linux.

Jadi kesimpulan saya sementara ini, masih banyak orang yang butuh informasi ringan, singkat, praktis tentang hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang simpel. Hal menginstal Microsoft Office mungkin bagi sebagian dari Anda adalah hal yang sepele kan? Mungkin bagi sebagian orang hal-hal tersebut adalah hal yang sepele tapi belum tentu sama halnya bagi orang yang benar-benar butuh informasi tersebut. Sebagai orang yang sering sekali memanfaatkan Google untuk bertanya, saya merasa perlu juga berbagi informasi/pengetahuan dengan sekian juta orang pengguna Internet (khususnya yang berbahasa Indonesia). Ah semoga Anda menangkap maksud saya ini. Tapi saya akan berusaha juga menulis hal-hal yang bisa dimengerti oleh banyak pihak.

6 thoughts on “Menulis Untuk Siapa?

  1. ya kan saya sebagai pedagang berlian ga ngerti IT. jadi saya sah2 saja kan kalo ngasih saran…
    ya u bisa bahas kegiatan u sehari-hari, atau ttg. hobby, dll

    thx..

  2. Di dunia ini memang terdapat berbagai macam karakter dan hobi. Ada yang suka berkomentar saja ada yang suka bertindak. Nah mungkin Sdr. Fendi adalah tipe komentator yang tidak suka menulis.
    Ternyata pedagang berlian masih mau menyempatkan waktu blog walking ya? Salut!

Leave a Reply