Paling Berani Ya Indonesia

Kemarin katanya ada helikopter jatuh di Pekanbaru. Saya tidak terlalu kaget membaca hal ini di Detik.com sora kemarin. Yang membuat saya tertarik adalah berita Detik.com (yang saya baca malam tadi) kalau ternyata helikopter yang jatuh itu sudah berumur 49 tahun. Gila….berani sekali ya tentara kita.

Memang kita perlu berbangga sebagai bangsa Indonesia. Menurut saya rakyat Indonesia adalah manusia-manusia yang berani sekali (berani sekali entah apa sama dengan pemberani). Berani sekali mendekati nekat. Mau bukti, coba Anda pikirkan hal-hal berikut :

  1. Helikopter 49 tahun masih berani diterbangkan. Berani kan? Berani tanggung resiko jatuh.
  2. Pesawat-pesawat milik beberapa maskapai penerbangan lokal (low cost airline) masih berani mengoperasikan pesawat yang umurnya sudah uzur (katanya banyak sekali yang sudah berumur lebih dari 10 tahun). Tidak heran kalau ada resiko penutup sayap lepas, atau hidrolik ngadat.
  3. Lihat bus, metromini, kereta-kereta komuter di Jakarta. Lihat beraninya penumpang bergelayut di pintu bus, bahkan ada juga yang berani naik ke atap gerbong kereta. Atau lihat saja kepadatan penumpang kereta api menjelang mudik lebaran. Berani lagi kan?
  4. Ingat kan kasus kebakaran di bawah jalan tol dalam kota di wilayah Jembatan Tiga Jakarta Barat. Salah satu bukti lain keberanian pendatang, bawah jalan tol pun berani ditempati, dihuni layaknya pemukiman resmi. Lebih berani lagi saat diusir malah berdemo…
  5. Perhatikan perempatan-perempatan jalan di Jakarta. Perhatikan para pengamen dan anak jalanan. Anak-anak umur 3-4 tahun (bahkan tidak sedikit yang menggendong bayi) sudah berkeliaran di sana. Satu bukti lagi, keberanian orang tuanya melepas anak-anaknya ke jalanan…
  6. ….
  7. ….
  8. ….
  9. ….
  10. ….

Ah mentok juga…tapi saya yakin masih banyak keberanian-keberanian rakyat Indonesia yang belum terlintas di pikiran saya sekarang. Nanti mungkin akan bertambah lagi daftarnya.

Ada yang mau menambahkan?

Leave a Reply