Sore Lebih Panjang

Sudah seminggu ini saya perhatikan Jakarta sorenya lebih panjang. Entah ini benar atau cuma perasaan saya saja. Jam 6 sore sampai hampir setengah 7 malam langit masih cerah. Jam 6 masih terasa cerah seperti jam 5 sore, jam setengah 7 baru terasa sorenya (mungkin rasa jam setengah 6an lah). Beberapa orang yang saya tanya juga mengiyakan kalau sore hari Jakarta sekarang rasanya lebih panjang. Lebih lama gelapnya gitu loh.

Sore ini pun sama. Tadi saya pulang ke rumah sekitar pukul 18.10 tapi kok masih cerah. Kalau tidak lihat jam mungkin saya akan menebak waktu baru pukul 17.00. Apa ya penjelasan logisnya? Apa gara-gara sudah seminggu ini tidak ada hujan di sore hari? Atau matahari sedang berada di titik terdekat dengan bumi?

Apa Anda merasakannya juga?

Kalau di Surabaya yang saya rasakan di sana pagi lebih cepat terang dan sore lebih cepat gelap. Tapi kalau itu sih saya punya analisis sendiri. Menurut saya itu karena Surabaya lebih cocok masuk ke Waktu Indonesia Bagian Tengah, jadi jam terasa lebih cepat beberapa menit. Surabaya harusnya lebih dekat ke Bali daripada ke Jakarta. Jadi lebih bisa dimaklumi kalau lebih cepat terang dan lebih cepat malam.

2 thoughts on “Sore Lebih Panjang

Leave a Reply