Tentang Simpati PeDe

Sejak awal bulan ini saya jadi pengguna Telkomsel. Sudah cukup lama juga saya tidak punya ponsel GSM. Dengan banyak pertimbangan akhirnya saya kembali menggunakan layanan GSM disamping Telkom Flexi yang sudah lama saya pakai. Kadang CDMA tidak bisa diandalkan, apalagi kalau sering bepergian. Terakhir saya pulang ke Cirebon, 10 hari Flexi Combo saya tidak bisa aktif. Praktis 10 hari itu saya kehilangan layanan. Jadi di Cirebon juga saya beli ponsel GSM plus kartunya. Saya pilih Telkomsel PeDe.

Simpati PeDe katanya tarifnya Rp0.5/detik, setelah 1 menit telepon ke sesama Telkomsel (Halo, Simpati, Kartu AS). Jika menelepon kurang dari 1 menit dikenakan tarif Rp25/detik. Untuk menelepon ke operator lain (termasuk ke PSTN) tarifnya flat Rp25/detik. Dari kemarin saya heran mengapa kalau saya menelepon ke nomor Kartu Halo selama lebih dari 1 menit, tetap saja pulsa saya terpotong lebih dari Rp1500,-. Loh katanya setelah 1 menit tarifnya jadi setengah rupiah per detik?

Ah rupanya saya yang salah konsep. Barusan saya bertanya ke customer service-nya Telkomsel (telepon ke 116) tentang hal ini. Saya baru ngerti sekarang. Tarif Rp0.5/detik itu adalah hitungan dimulai dari detik ke 61. Jadi misalnya saya menelepon ke nomor kartu AS selama 1,5 menit; maka tarif yang harus saya bayar adalah :

(60 detik x Rp25,-) + (30 detik x Rp0.5,-) = Rp1515,-

Entah ini karena iklan yang menyesatkan atau karena begonya saya sampai salah konsep begini. Sebenarnya saya bukan tertarik menggunakan Telkomsel karena tawaran murah ini. Memang saya pilih Telkomsel karena sudah terbukti kualitasnya. Tapi kan penasaran juga ada promo kok gak jelas.

Telkomsel Simpati sekarang menyediakan 2 pilihan, ada yang Simpati Ekstra ada Simpati PeDe. Simpati Ekstra teleponnya hitungan per setengah menit. Juga dapat bonus pulsa/bonus sms…katanya sms 6 kali dapat bonus 6. Pengguna Simpati PeDe tidak dapat bonus pulsa/sms tapi teleponnya hitungan detik. Kalau sering sms saya sarankan pakai Simpati Ekstra, kalau sering telepon lebih baik pilih Simpati PeDe. Dua layanan ini dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna Simpati. Jadi yang sudah pakai Simpti PeDe bisa pindah ke layanan Ekstra, caranya silakan telepon ke *880# lalu ikuti petunjuk yang disediakan. Begitu pun sebaliknya, pengguna Ekstra bisa pindah ke layanan PeDe.

Loh kok malah ngiklanin Simpati? Kalau dibaca orang Telkomsel, saya dapat bonus pulsa gak ya? :-p

One thought on “Tentang Simpati PeDe

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Simpati PeDe Gak PeDe Lagi

Leave a Reply