Masak Nasi Yuk

rice cookerTahukah Anda bagaimana sebuah rice cooker bekerja? Ide tulisan ini muncul karena belakangan saya sering masak nasi sendiri dengan rice cooker pinjaman πŸ˜€ .

Cara rice cooker memanaskan bagian dalamnya sama seperti cara kerja setrika. Panas dihasilkan dari sebuah elemen yang mengubah energi listrik menjadi energi panas. Prinsipnya persis sama seperti yang digunakan di setrika atau pemanas air elektrik. Rice cooker bekerja dengan memanaskan air sampai titik didihnya. Panas akan tersalurkan ke panci tempat beras dan air diletakkan. Air akan menguap pada temperatur 100 Celcius. Pada temparatur tersebut semua air akan habis menguap. Sehingga tepat ketika air di dalam panci sudah habis, nasi pun masak.

Di bagian bawah rice cooker terdapat sebuah termostat. Termostat akan mendeteksi apakah air sudah mencapai titik didihnya atau belum. Ketika air sudah mencapai titik didihnya (100C), rice cooker mempertahankannya beberapa saat (membiarkan semua air menguap) lalu menurunkan suhu menjadi sekitar 60 Celcius sehingga suhu di dalam panci akan bertahan untuk menghangatkan nasi di dalamnya.

Menurut Wikipedia, yang pertama memproduksi rice cooker adalah Jepang pada tahun 60an. Karena banyak orang di Jepang yang bekerja seharian, mereka butuh cara menanak nasi yang praktis dan cepat. Cuci berasnya, masukkan ke dalam panci (itu loh bagian dalam rice cooker), beri air sesuai takaran, masukkan ke dalam rice cooker, tancapkan stekernya ke power outlet…beres. Cukup tunggu sekitar 20 menit nasi pun matang. Jauh lebih praktis dan cepat dibandingkan menanak nasi secara konvensional.

Kenyang baru makan nasi & dendeng sapi, nasinya masak sendiri ;))

13 thoughts on “Masak Nasi Yuk

  1. jadi berapa ruas jari yang dijadikan parameter untuk mengisi air untuk memasak air? πŸ˜€

    ehm…kayaknya produk pertama Sony itu klo gak salah ya (electrical)Rice Cooker ini, bentuknya masih kayu begitu

  2. @ Jesie : gak pake ruas jari donk..kan ada tandanya digrafir di bagian dalam pancinya :-p

    Tapi gua baru tau kalau Sony dulu pertama produknya itu rice cooker…thanks infonya Jes

  3. Saya punya pengalaman…
    Kalau magic jar / rice cooker-nya sdh berumur lbh dr 5 bulanan, kok kadang-kadang nasinya suka jadi bau ya…. knp tuh… ada yg tau gak?

  4. @ eva : banyak faktor sih yang bisa bikin nasi di magic jar jadi bau : bisa jadi anda gak cuci bersih magic jarnya sebelum dipakai, atau nasinya terkontaminasi sesuatu…atau memang magic jarnya kualitas rendah sehingga bahan plastik/logamnya malah bersenyawa menghasilkan bau gak enak. Kayanya sih seperti itu

  5. ada yg pernah nyoba buka rice cooker gak? dah gak panas lagi nih dan kayanya perlu gak heaternya….share dong…

  6. MakasIh buaT iNfoNya…..soaLnya aKu ada tuGaZ Mata KuliaH FalsafaH Ilmu PengeTaHuan buaT nyaRi FalSafaHnya aLat2 eLektroNik maSa kiNi gItu…Jadi HaruS meNyertaKan caRa kerjanya…

  7. Mo tanya nc…
    Apa penyebabnya ya ko penghangat nasi di rice cooker tidak panas lagi, padahal q belinya lom ada sebulan?? please help me

  8. Saya telah melakukan riset ternyata yang membuat bau adalah teflon yang ada pada majic com. Pada saat baru, teflonnya masih kuat terhadap panas, tapi setelah beberapa bulan nasinya akan bau, bau tersebut adalah bau teflon yang kena panas, semua majic com pasti nasinya akan bau setelah beberapa bulan. Bila anda pingin nasinya tidak bau selamanya maka jangan gunakan majic com yang terbuat dari teflon.

Leave a Reply