Manager IT Kebakaran Jenggot

Hari ini saya ditanya manajer saya di kantor, apa yang kamu download beberapa hari belakangan. Saya juga diminta membuat daftar server-server apa saja yang saya manage di kantor. Rupanya manager IT di kantor saya kelabakan karena membaca report bandwidth usage yang meningkat di kantor beberapa hari belakangan. Dia kirim email ke semua manager untuk menelusuri siapa yang mengakses Internet untuk mendownload file dalam kapasitas besar.

Di tulisan sebelumnya saya cerita tentang penggunaan wget untuk mendownload file. Saya pakai server Linux di kantor untuk mendownload image CDnya FreeBSD. Ada 4 CD yang saya download, dengan total sekitar 1,2GB. Untung yang diambil CDnya FreeBSD, kalau saya download “yang aneh-aneh” apa gak gempar seisi kantor? πŸ˜€

Aneh juga nih manajer IT, katanya boleh download asal di luar jam kantor. Lah saya kan download malam. Saya tinggal proses download-nya dengan wget, saya lihat log hasil download-nya dan proses download sudah selesai sekitar jam 4 pagi. Apanya yang membebani bandwidth kantor. Aya-aya wae. Memangnya kantor berlangganan internet pakai kuota seperti saya langganan Speedy, takut kehabisan kuota? πŸ˜€ Takut mengganggu aktivitas kerja? Lah siapa sih yang kerja malam-malam di kantor? Nyamuk?

Saya kan turut membantu kantor supaya resource yang ada tidak terbuang sia-sia. Ada bandwidth internet nganggur semalaman kan lebih baik dimanfaatkan, daripada terbuang percuma tidak ada yang pakai =)) <mode ngeles, cari kambing hitam ;)) > Sebenarnya judul tulisan ini kurang pas…kebakaran jenggot. Manager IT di kantor saya kan perempuan, jadi kebakaran apa ya yang pas :-p (Eh kebakaran jenggot kan sudah istilah umum kan untuk “kelabakan”?)

4 thoughts on “Manager IT Kebakaran Jenggot

  1. kancrut…..elu yang donlot gw yg dikirimin email jg…..ribut2 masalah donlot, eh PC Name yang gak standar kantor juga diributin (padahal pake Linux, yang gak ada guidance-nya dari MIS)…..aya2 wae emang tuh si NMS

Leave a Reply