Bongkar Lagi, Install Lagi

Saat menulis postingan ini, saya sedang menunggu proses instalasi OpenSUSE 10.3 ke dalam PC saya di rumah.

Bye-bye Ubuntu, bye-bye Windows šŸ˜€

Untuk kesekian kalinya saya obrak-abrik lagi PC saya. PC yang saya beli November 2005 ini sudah puluhan kali saya install dan uninstall. Tidak pernah menghitung sih berapa tepatnya, cuma sepertinya yang paling banyak adalah instalasi Windows. Tahu sendiri kan Windows gampang crash. Terakhir tadi sebelum “dibongkar” lagi, ada Windows XP dan Ubuntu 7.04 di dalamnya. Berhubung lagi senang-senangnya dengan OpenSUSE 10.3 tak apalah saya relakan sistem yang sudah ada diubah lagi. Minggu kemarin sudah saya pindahkan dulu data-datanya ke harddisk backup. Gak tau nanti OpenSUSE ini akan bertahan berapa lama di dalam PC saya.

Mungkin sebaiknya saya punya PC khusus untuk kesenangan saya ngoprek OS šŸ˜€ Kalau ada rejeki, hal ini pasti bisa masuk ke dalam plan saya berikutnya. Kalau perlu beli KVM switch sekalian, jadi gak perlu pasang 2 monitor, 2 keyboard+mouse. Cukup satu KVM switch bisa pindah-pindah di antara 2 PC..he..he..he…

Yang mau saya pelajari dalam waktu dekat adalah membuat proxy server sendiri (termasuk konfigurasi internet gateway). Sekarang sedang menunggu pinjaman LAN card dari teman saya. Mudah-mudahan akhir minggu ini pesanan LAN card saya sudah siap, jadi ada mainan nanti di akhir minggu.

Leave a Reply