4 Solaris in 5.3 Hours

Hari ini saya menginstal Solaris 9 ke 4 buah server Fujitsu Primepower 450. Klien kantor saya kali ini adalah PT Datacraft. Sebenarnya itu server yang akan dibeli oleh PT Icon+ ke PT Datacraft. Jadi saya perlu instal dulu sebelum dikirimkan ke end user.Setelah beres-beres dan persiapan hardware-nya, saya mulai instalasi sekitar pukul setenga h 12 siang. Dengan bermodalkan 1 DVD Solaris 9 dan 6 CD patch Solaris saya instal server pertama. Yang paling lama adalah proses patching, sampai saya selesai makan siang pun belum selesai. Server pertama ini selesai diinstal sekitar pukul 2 siang. Setelah itu saya buat image dari sistem ini dengan bantuan flar. Flar adalah fitur di Solaris untuk membuat image dari sistem dalam bentuk flash archive. Caranya cukup mudah, dengan perintah berikut ini :

bash-3.00# flarcreate -n solaris9 -s -c -R / -x /export/home/fsi /export/home/fsi/solaris9.flar

Image hasilnya dinamai solaris9.flar dan diletakkan di dalam /export/home/fsi. Lihat screenshot di bawah ini saat saya buat image.

flar create

Ketiga server sisanya saya instal dengan menggunakan image tersebut. Server pertama tadi dijadikan FTP (file transfer protocol) server, server lain tinggal mengakses image yang saya buat lewat protokol FTP. Lihat gambarnya berikut ini :

install via ftp

Jauh lebih cepat. Tiap server cuma butuh waktu 40 menit; bandingkan dengan server pertama yang butuh waktu hampir 2 jam untuk instalasi Solaris lengkap dengan patch-nya. Jadi total 5 jam lebih 20 menit semua server sudah terinstal. Pulang siang deh =))

So, thanks for something called flar and FTP ^:)^

6 thoughts on “4 Solaris in 5.3 Hours

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Instalasi Solaris - How To

  2. thanx utk infonya btw klo ada lagi yg lain boleh d 🙂 klo boleh kirim2 dong ke email gw ttg instalasi yg lain seperti storage eternus 4000 soalnya gw lagi nyari nih

  3. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Pasang Server & Storage

  4. haloo salam kenal… wah blog nya bagus skali… 🙂 .. ga nyangka terdampar di sini 😀

    sayang nya kurang lengkap nulisnya.. itu cara akses biar bisa install pake flar gimna y ? 🙂

  5. @ deanet : instalasi dengan flar sama seperti instalasi biasa, boot dengan CD/DVDnya, lalu pilih media instalasi Flash Image (defaultnya media instalasi adalah CD/DVDnya itu sendiri).’

Leave a Reply