Membuat Paspor

Pagi ini saya pergi mengurus paspor ke kantor imigrasi Cirebon. Gila sekarang kantornya pindah jauh dari keramaian kota. Dulu yang saya tahu, kantor imigrasi Cirebon ada di seberang sekolah saya di Jl.Sisingamangaraja Cirebon. Sejak bulan Desember lalu kantor imigrasi pindah ke jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Saya baru sekali ini datang ke daerah ini. Di jalan raya Plered ada jalan masuk tidak jauh di seberang jalan Pilang, jalan masuk ini tidak jauh dari pertigaan by pass dan Tuparev.

Untung ada teman saya, Nyoman yang bekerja di kantor imigrasi, urusan jadi gampang dan sederhana 🙂 Tinggal datang, membayar formulir pendaftaran Rp10000,-. Kalau mengurus sendiri proses pembuatan paspor bisa memakan waktu 4-5 hari. Spesial kasus seperti saya tentu butuh spesial tarif. Tapi kayanya kurang pas kalau saya beberkan di sini tarif pengurusan paspor tadi :D.

Untuk mengurus paspor, dokumen yang harus dilengkapi antara lain adalah :

  1. Akte lahir asli + fotokopinya
  2. Kartu keluarga asli + fotokopinya
  3. Ijasah SMA / sederajat + fotokopinya
  4. KTP + fotokopinya
  5. Surat nikah + fotokopinya bagi yang sudah menikah
  6. Surat ganti nama (jika ada untuk WNA)
  7. Surat pengantar dari instansi (misalnya karyawan swasta)
  8. Materai Rp6000,-

Setelah menyerahkan dokumen pada teman saya, saya pulang dulu. Siangnya sekitar pukul 2 siang saya kembali lagi ke sana. Kali ini saya harus difoto dan diambil data sidik jari dengan biometric reader. Dari siang sampai sore Cirebon diguyur hujan rintik-rintik. Menyiksa juga pergi-pergi dengan angkutan umum di tengah cuaca yang tidak bersahabat seperti ini. Paspor saya baru selesai Senin depan. Mudah-mudahan tepat seperti yang direncanakan, karena saya kemarin sudah beli tiket kereta api Senin depan.

31 thoughts on “Membuat Paspor

  1. mas.. saya juga mau buat passport di cirebon, bisa minta nomor kontak orang di imigrasi cirebon mas..? biar saya juga bisa di proses dengan cepat, tolong mas kirim ke email saya culun@indo.net.id terima kasih.

  2. mas aku ad tmn mau bikin passport di cirebon gmn yah blh gk minta no tlp nay biar gampang… ..ngurus nya.makasih yah

  3. mas saya punya saudara yang pengin di bantu bikinin paspor. kalo boleh minta informasi untuk menghubungi orang yang kemarin bantu mas. silakan diinfokan ke email saya :

    abazwabazw@gmail.com

    terima kasih sebelumnya.

    [a][n][t][o][n]

  4. namaq asep.mas bleh minta no tlp tman mas yang ngurus passport dicirebon.tlng krm ke emailq.syef_rohman@yahoo.co.id.makash atas kebaikan mas smga Tuhan membls amal kebaikan mas.thanks a lot.pardon. on said:

    namaq asep.mas aq minta no tlp mas yang ngurus passport dkantr imigrasi cirebon.tlng krm ke email saya.syef_rohman@yahoo.co.id.atas kebaikann saya ucapkan terimakash.

  5. Mas Tedy, tolong kasih no temen nya donk, ada temen yg di cirebon mau bikin paspor. Tolong kirim ke email saya bisa? makasih banyak

  6. Ass Wr Wb

    Mas kalau mau naik kereta api, dan tujuannya masih sekitar wilayah Indonesia, kenapa harus repot-repot bikin pasport. pergi aja ke statiun, tinggal beli tiketnya busnis, exekutif tergantung selera. Ok. Kalau tujuannnya mau ke Thailand, kualalumpur, lain soalnya. OK. Masih banyak kok wilayah-2 Indonesia yang wajib di kunjungi. Beatiful-2 lagi. Ok
    Wassalam

    Eka Saktiana

  7. asalamualaikum..
    mas minta nomor Handphone yang Ngurus pembuatan Paspor di CIREBON..
    tolong ya mas PENTING banget soalnya… secepatnya ya mas…. di tunggu..
    balas di Email aku aja….

  8. Passport itu diperlukan kalau kita bermaksud meninggalkan Indonesia ke negara lain, sekalipun dekat seperti Singapore, Malaysia dsb. untuk belajar ke luar negeri, umroh ke tanah suci dsb. Cobalah belajar mengurus sendiri ke Kantor Imigrasi, siapkan dulu kelengkapan seperti dijelaskan diatas. Jangan terlalu manja, mengurus begitu saja tidak mau dikerjakan sendiri. Terima kasih

  9. Trima kasih, info mengenai prosedur pembuatan paspor sangat membantu sekali. Sayapun ada rencana untuk membuat paspor di kantor imigrasi cirebon. Mohon kiranya bila berkenan diberikan rekomendasi kontak perorangan ataupun biro jasa yang bisa membantu pengurusan paspor saya. Saya ucapkan teri kasih atas bantuannya.

Leave a Reply