Combo Mati Lagi

Ini kali ketiga kepulangan saya ke Cirebon dengan Flexi Combo yang tidak bisa digunakan. Akhir tahun lalu saat libur tahun baru saya pulang ke Cirebon selama satu minggu. Flexi Combo saya tidak bisa aktif sama sekali selama 1 minggu sampai akhirnya saya pulang ke Jakarta. Awal bulan Januari lalu saat saya pulang ke Cirebon, hal yang sama terulang. Saya tidak dapat menggunakan Flexi Combo lagi. Akhir pekan ini lengkap 3 kali Flexi Combo saya tidak dapat digunakan di Cirebon…..hatrick!!!

Dalam ketiga kasus saya ini, saya mendapat jawaban & respon yang sama dari customer service Telkom di 147. Semuanya mengatakan akan membantu supaya Flexi Combo saya dapat aktif. Semuanya menggunakan jawaban standar….“Bapak tadi sebelum berangkat sudah mengaktifkan combonya?, baik nanti akan kami bantu Pak, tunggu 1 jam lagi, nanti coba restart ponsel Bapak.”

Mungkin kalau ditotal saya sudah lebih 10 kali menelepon 147 untuk ketiga kasus ini. Lama-lama saya menyerah juga, malas juga jadinya menelepon 147 tanpa mendapat solusi. Operator di 147 memang ramah-ramah, semuanya bekerja sesuai prosedur. Saya tidak dapat menyalahkan mereka karena saya tahu persis kesalahan ada di sisi teknis Telkom, bukan karena kebodohan mereka. Mungkin pihak Telkom harus peka terhadap kasus-kasus seperti yang saya alami ini.

Sejak tahun 2007 saya menggunakan Telkom Flexi, ketiga pengalaman tadi bukan pengalaman pertama saya menggunakan layanan Combo dari Telkom Flexi. Saya sudah pergi ke berbagai daerah dan semuanya berjalan lancar. Saya pergi ke Pekanbaru, Banjarmasin, dll…di semua kota yang saya datangi nomor Flexi saya tetap bisa digunakan. Entah mengapa ini terjadi belakangan saja dan kebetulan ketiganya terjadi di Cirebon. Bantuan 147 pun tidak dapat diharapkan. Saya tidak paham bagaimana prinsip kerja layanan Combo. Mungkin stok nomor virtual yang dapat digunakan sudah habis digunakan pengguna Flexi lain yang datang ke Cirebon.

Layanan Combo dari Telkom Flexi memungkinkan pengguna Telkom Flexi untuk tetap menyalakan ponselnya saat berada di luar kota. Misalnya kartu saya adalah kartu Flexi Jakarta. Tanpa layanan Combo, saat saya meninggalkan Jakarta praktis nomor Flexi saya menjadi tidak aktif. Dengan adanya layanan Combo tersebut, nomor Flexi saya tetap bisa aktif saat berada di kota lain. Ada beberapa langkah untuk mengaktifkan layanan Combo dari Telkom Flexi.

  1. Pertama, sebelum meninggalkan kota asal saya harus mengirim sms ke nomor 777; isinya adalah ON <kota tujuan>. Contoh, sesaat sebelum pergi menuju Cirebon saya mengirim sms ke 777 yang isinya adalah ON CIREBON. Dengan demikian, saat saya mencapai Cirebon teorinya saya akan memperoleh nomor telepon virtual (bodoh-bodohannya Flexi saya dapat digunakan di Cirebon).
  2. Kedua, setelah sampai di kota tujuan saya harus menelepon ke nomor *77 untuk mengaktifkan call forwarding. Dengan langkah ini, orang yang menelepon saya ke nomor Jakarta saya tetap bisa menghubungi saya walaupun saya berada di luar kota. Akan tetapi layanan ini membuat saya kena charge Rp50,-/menit (kalau tidak salah) setiap kali ada yang menelepon ke nomor Jakarta saya.
  3. Ketiga, saat pulang kembali ke Jakarta saya harus menelepon ke nomor *770 untuk menonaktifkan layanan call forwarding tadi.

Kalau terus menerus seperti ini, saya bisa saja mengeluarkan teori sendiri : Telkom Flexi tidak dapat dihandalkan saat bepergian keluar kota. Untuk perjalanan keluar kota lebih baik mengandalkan operator GSM.

5 thoughts on “Combo Mati Lagi

  1. Saya juga sering mengalami pengalaman lain yg lebih mengecewakan.
    Saya punya no flexy jakarta, sebelum berangkat ke Cianjur, sms combo sudah di aktifkan dan ketika sampai di cianjur no Flexy saya sudah bisa di gunakan, namun ketika keesokan paginya hendak menelepon (posisi saya masih di cianjur) no saya sudah tidak aktif lagi dengan pesan … mohon maaf anda sudah diluar jangkaun area …apa yg terjadi nih ?. :

  2. Sekedar berbagi buat pengetahuan

    kalo boleh jujur, saya dapat nomor flexy yang aneh, kemana saja se indonesia, asalkan ada signal flexy, saya dapat menggunakan nomer yang sama tampa harus combo di Kota Tujuan, …

    Pada waktu itu saya Ke Makassar, dari Palu Sulawesi Tengah, Saya Lupa untuk aktifkan Combo, turun dari pesawat saya hidupkan Handphone saya…saya melihat ada signal di BAR Handphone saya… saya coba untuk menelpon ke Kota saya di Palu. Teman saya yang menerima Kaget luar biasa,…kata dia “ded..kamu ngk jadi ke makassar yah??” jawab saya ” sekarang saya di Makassar” Teman saya ngk percaya, ternyata…no Handphone saya tidak berubah ke nomer makassar, …Nomer Flexy Palu saya yang keluar di Handphonenya…

    awalnya saya pikir ini hanya kesalahan jaringan,…esok harinya kami ke surabaya,eeeh kejadiannya yang sama terjadi…!!

    yang menguntungkan dari nomer ini, saya ngk perlu bayar interlokal, kedua saya bisa kibulin pimpinan saya, kalo saya ngk pernah kemana mana, dengan bukti flexy saya tetap nomer pALU…Hehehhehehehehehe

Leave a Reply