Repotnya Jadi Auditori

Siang ini saya kembali ke Jakarta dengan kereta Argo Jati. Ini kereta baru dari Cirebon, alternatif dari kereta Cirebon Ekspres. Saya tidak tahu persisnya kapan kereta ini mulai beroperasi (akhir tahun 2007 sudah mulai berjalan sih). Rangkaian kereta Argo Jati semuanya kelas eksekutif. Gerbongnya sepintas memang lebih bagus, interiornya juga lebih bagus daripada kereta Cirebon Ekspres. Sayangnya lama perjalanan sama saja dengan Cirebon Ekspres. Kelebihan lain dari Cirebon Ekspres dia tidak berhenti di beberapa stasiun yang disinggahi oleh Cirebon Ekspres.

Di tiap gerbong ada televisinya, dari Cirebon televisi sudah menyala. Awalnya cuma iklan, lama-lama kok jadi film. Sepanjang jalan dari Cirebon sampai menjelang Jakarta, yang ditayangkan adalah sinetron ABG. Ini yang membuat saya tidak bisa tidur. Tidak bisa tidur bukan karena menikmati sinetronnya, tapi karena terganggu dengan tayangan sinetron tadi. Secara pelayanan mungkin tayangan televisi sepanjang perjalanan bisa dianggap hebat…full TV. Tapi buat saya yang ingin tidur di perjalanan, hal ini sangat mengganggu. Karena apa? Pertama, saya yang tipe auditori sangat sensitif terhadap suara di sekeliling. Kedua, saya tidak suka sinetron. Dari Cirebon saya sudah niatkan untuk tidur di jalan, eh malah disodori sinetron…bubar deh rencana tidur di jalan. Tayangan televisi ini cukup keras & merata suaranya, mungkin karena speaker yang ada di beberapa bagian gerbong. Saya yang duduk di kursi 10D saja cukup jelas mendengar tayangan televisi tersebut, meskipun televisi yang menyala berada jauh di depan.

Mungkin ini repotnya jadi orang bertipe auditori, gampang terganggu dengan suara-suara di sekeliling. Mungkin sebaiknya di tiap kursi disediakan earphone. Jadi penumpang yang mau nonton silakan dengar suaranya lewat earphone; dan yang tidak ingin nonton tidak terganggu dengan suara televisi. Ah tapi itu cuma khayalan saya….bayar Rp80000,- aja minta macem-macem ;))

One thought on “Repotnya Jadi Auditori

  1. mantap tuh ilmunya…kl digabungin ama hardware yg kita punya boleh juga tuh…kita banyak sekali primepower yg mau dijual/ rental,maintenance juga ok….total kurang lebih 50unit

Leave a Reply