Linux Backup Script

Di bawah ini adalah script untuk proses backup sehari-hari server kami di kantor :

script backup

Script di atas dibuat untuk mengotomatisasi proses backup file server yang dipakai oleh kami yang ada di tim UNIX. Server ini sebenarnya PC Fujitsu Deskpower yang dijadikan file server dengan OpenSUSE 10.3 sebagai sistem operasinya. Sebenarnya ada beberapa Fujitsu Primepower server yang bisa dipakai. Cuma entah mengapa bos saya memutuskan untuk menggunakan desktop ini sebagai file server. Dulu saya dan rekan saya, Ramdhan, yang menginstal OpenSUSEnya. Lalu saya yang mengkonfigurasi Samba supaya kami yang sehari-hari menggunakan Windows di notebook bisa dengan mudah mengakses file server tadi.

Setelah file yang ditaruh semakin banyak, jadi timbul kebutuhan untuk mengamankan data-data yang ada. Saya lalu memanfaatkan sebuah Fujitsu Primepower 450 sebagai NFS server untuk menjadi tempat menaruh backup-nya. Supaya gampang saya menggunakan perintah tar untuk melakukan backup. Supaya proses backup-nya otomatis, maka saya buatkan script di atas lalu saya daftarkan di crontab OpenSUSE. Saya jadwalkan proses backup berjalan jam 8 malam. Benar-benar script bodoh-bodohan untuk membuat pekerjaan backup jadi otomatis :)) Script itu saya buat di sela-sela pekerjaan saya yang lain. Lumayan lah, saya puas dengan hasilnya. Puasnya karena saya jadi terpacu untuk belajar bash scripting lagi 😀

Awalnya saya hanya buat script untuk mem-backup saja. Tapi dipikir-pikir bisa penuh lama-lama NFS server-nya. Maka saya tambahkan script untuk membatasi jumlah backup file hanya 3 hari ke belakang saja. Sudah beberapa minggu ini saya pantau terus hasilnya tiap pagi saat datang kantor. Memeriksa apakah backup sudah sukses semalam. Satu bagian yang kurang, membuat script ini mengirimkan email ke saya secara otomatis untuk melaporkan hasil proses backup tiap malam. Ini tentu akan memudahkan saya untuk memantau hasil backup, tinggal lihat email report-nya saja.

3 thoughts on “Linux Backup Script

  1. wahh banyak juga ya,.,.saya lagi bingung soal scrip bash yg digunakan diatas misalnya seperti mount -t nfs 172.16.209.120:/data /backup. itu untuk mount nfs yg berbeda komputer kan antara komputer yg ingin di backup dengan server nfs,

    mungkin mas vitto ingin menanyakan cara membuat server NFS nya bagaimana,.??
    kalo saya menginginkan file backupnya tersimpan di ftp server dengan user dan password,.bagimana ya scrip bashnya,.soalnya saya cari2 ga ketemu caranya,.??

Leave a Reply