Pasang Server & Storage

Hari Selasa dan Rabu kemarin saya ditugaskan bos memasang Fujitsu Primepower 450 dan Fujitsu Eternus 2000 di kantornya Icon+. Icon+ kantornya terletak di kompleks gardu PLN Gandul. Bener-bener jauh tempatnya….tempat jin buang anak nih =)) . Dari kantor saya di Sudirman, saya butuh waktu hampir 1.5 jam perjalanan. Ini gambar papan nama PLN yang saya ambil saat pulang siang kemarin.

Server Primepower yang saya pasang sudah dipasangi Solaris 9 (pernah saya cerita di sini). Hari Selasa saya mounting 4 server dan 2 Eternus ke dalam rak. Berdua dengan rekan saya, Wira, pekerjaan mounting ini cukup melelahkan…berat euy servernya. Setelah terpasang ke dalam rak, tugas saya berikutnya adalah mengubah ukuran RAID group di dalam Eternus lalu menghubungkannya dengan server. Ini gambar yang saya ambil di salah satu rak :

Karena proses format disknya Eternus butuh waktu berjam-jam, hari Selasa malam saya tinggal pulang saja. Waktu juga sudah jam 8 malam lebih. Rabu pagi saya balik lagi ke PLN Gandul. Tinggal menghubungkan Eternus dengan server supaya server bisa dapat harddisk. Ini sih cepat, mulai kerja jam 11 siang, sebelum jam 1 sudah beres. Pulang deh ke kantor, sebelumnya mampir dulu di mal Cinere makan siang di sana. Belum selesai tugas saya Selasa sore kemarin. Tugas berikutnya adalah pergi ke Toyota, mengganti internal disk yang rusak di server SunFire V890. Di postingan berikutnya saja ceritanya.

6 thoughts on “Pasang Server & Storage

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Ayam Osteoporosis

  2. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Pemadaman Listrik PLN & Layanan Tanpa Saingan

Leave a Reply