Tentang Cue Stick

Apa sih cue stick? Cue stick gampangnya itu stik biliar, seperti ini contohnya :


Gambar di atas adalah gambar stik biliar yang saya gunakan saat ini. Yang atas adalah jump-break cue (J&J 2719) sementara yang bawah adalah playing cue (Joss 101). Tiap cue stick terdiri atas 2 bagian terpisah. Bagian bawah sebuah cue disebut sebagai butt sementara bagian atas disebut shaft. Pada gambar di atas yang disebut butt adalah yang berwarna hitam, sementara yang disebut shaft adalah yang berwarna krem. Butt dan shaft harus disambungkan tiap kali cue ingin digunakan (kecuali untuk menggebuk anjing, cukup gunakan butt saja =)) ).

Gambar di atas menunjukkan butt dan shaft dari Joss 101. Bagian yang ada tulisan Joss-nya adalah butt. Bagian yang berfungsi untuk menyambungkan butt dan shaft disebut joint. Joint berbentuk seperti paku ulir. Bagian yang menonjol (male part) berada di ujungnya butt, sementara bagian yang berlubang (female part) berada di ujung shaft. Ada beberapa macam joint yang digunakan para pembuat cue stick di dunia. Ada joint tipe konvensional, ada tipe unilock, ada tipe quick release. Joss 101 milik saya menggunakan joint konvensional. Berikut ini adalah gambar joint pada Joss 101 :



Sementara gambar di bawah ini adalah contoh joint tipe lain, ini adalah joint yang ada pada jump break cue J&J saya. Dengan joint seperti ini, butt dan shaft lebih cepat disambungkan.


Untuk melindungi joint pada saat tidak digunakan (disimpan) ada pelindung khusus yang disebut joint protector. Seperti ini bentuknya :

Pada bagian butt ada bagian yang dilapisi oleh lilitan linen, bagian ini disebut wrap (grip). Bagian ini diberi balutan linen supaya pemain bisa memegang cue dengan nyaman. Ada juga cue yang diberi wrap bukan dari lilitan linen tapi dari lapisan kulit. Beberapa jenis cue ada yang tidak memiliki wrap (jump break cue saya contohnya). Foto di bawah ini menunjukkan lapisan linen pada butt Joss 101.

Ujung butt dilengkapi dengan karet pelindung yang disebut sebagai bumper. Bumper ini berfungsi untuk memberi proteksi ketika pemain memegang cue stick sambil berdiri, bumper lah yang akan menjadi pelindung ketika cue menyentuh lantai. Foto berikut adalah bumper dari Joss 101.

Ok, tadi adalah cerita seputar bagian butt sebuah cue stick…bagian shaft juga memiliki beberapa bagian yang perlu Anda tahu. Shaft selain dilengkapi dengan joint (female part), memiliki juga bagian yang disebut ferrule dan tip. Pada gambar di samping, yang disebut sebagai ferrule adalah bagian yang berwarna putih. Bagian yang berwarna coklat dengan ujung biru pada gambar di samping, disebut sebagai tip. Warna biru itu adalah hasil gosokan tip dengan chalk.

Walaupun kecil tip adalah bagian penting dalam sebuah cue. Tip bersentuhan langsung dengan bola biliar. Bagian ini pegang peranan dalam menghasilkan efek-efek pukulan (draw shoot, follow shoot, dll). Tidaklah mengherankan jika tip yang bagus mahal harganya. Ada beberapa jenis tip menurut tingkat kekerasannya : soft, medium, hard, extra hard. Tip dengan jenis extra hard biasanya digunakan pada jump/break cue. Jump break cue saya bahkan menggunakan tip jenis fenolic (tipe ini tip dan ferrule terbuat dari bahan yang sama, tidak bisa dibedakan mana tip & mana ferrule).Tip dipasangkan pada ferrule dengan menggunakan lem khusus. Ujung tip biasanya dibentuk agak melingkar untuk membantu pemain menghasilkan pukulan-pukulan berefek.

Nah itu kurang lebih penjelasan saya tentang bagian-bagian sebuah cue atau stik biliar. Kedua cue saya disimpan dalam case J&J C22 C231 . Cue case ini dapat menyimpan 2 buah butt dan 3 buah shaft. Seperti ini bentuk cue case yang saya gunakan saat ini :

Ada satu lagi cue yang saya punya. Itu adalah cue pertama yang saya beli, mereknya Archer (entah tipe apa dan buatan mana). Cue ini saya beli bulan Oktober 2006, waktu itu saya masih baru sekali kenal biliar. Semangat belajar biliar makanya gaji pertama di kantor yang dulu saya belikan cue ini 😀 Lihat gambar cue pertama saya ini :

Ada yang berminat membeli cue lama saya ini? Kondisi cue masih bagus, hanya kotor saja shaft-nya. Sudah lama saya ingin menjualnya (lengkap dengan cue case-nya), bagi yang minat silakan hubungi 081395674416…..(mode iklan ON =)) )

27 thoughts on “Tentang Cue Stick

  1. hebat…
    i aja baru tau sekarang ttg stik bilyard…
    i cuma bisa main tapi ga tau nama bagian dari stik bilyard…
    thx atas penjelasannya…
    bener2 bermanfaat….

    thx.. to Mr. Tedy

  2. Maaf pak i kurang begitu berminat…
    lagian i jarang main, di ajak u baru i main bilyard lagi. kalo ga sih, semenjak i di bdg i jarang main bilyard…

    no, thx your special offer Mr. Tedy…

  3. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Biliar di Paderborn

  4. wew, dah sampe di jerman temen sparring pool ini, hehehe, gimana makanan dan cewe2 disana???? case yang u beli dari saya itu tipe C231 merek JnJ ukuran 2 butt dan 3 shaft, buatan TAIWAN.

    stik joss itu buatan asli America, so feel dan hitnya akan sangat berbeda dengan stik yang dibuat di negara asia, sama2 buatan AMRIK aj gak sama, dan umumnya titik berat keseimbangan stik buatan Amrik lbih ke forward balance, ato disebut berat kedepan pada umumnya.

    untuk stik lebih pendek daripada ukuran standar, setau saya itu namanya youth cue, kayanya lbih condong dipake anak2 kecil, dan setau saya meja 7 feet juga pake stik yang panjangnya standar 58 inch(29+29)

    meja disana pake merek ap??kapan tiba ke indo lagi?jgn lupa bawain cewe jerman single yang byk yaaa, anak2 ib byk masih jomblo nehhhhhh

  5. @ Ferry : ow salah ya tipe casenya…thanks for the corrections. Mejanya merek apa ya…waduh gak perhatiin tuh (eh inget nih, liat di foto…merek mejanya Original Leonhart), tapi lakennya licin abis. Jadi pesan berapa cewe dari Jermannya? :))

  6. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Palembang (part 3) - Biliar

  7. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Surabaya (part 2) - Ditanam Dulu

  8. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Makassar (part 5) - Enaknya Kerja Di Luar Kantor

  9. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Shaft Predator 314

  10. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Cue Stick Stabilizer

  11. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Tentang Predator

  12. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Imlek & Kereta Api

  13. Saya jual Baru: Predator: JP’s,BK2NW,BK2LW,BK2S,Predator Sport Playing, P3 Leather, Ikon 1, Ikon 8, Ikon 9, Qr2, SP4RW,SP4RJ,SP4RJL,Predator SE20, Predator 314(2) shaft. LUCASI :LD1LTD,LD2LTD,LD3LTD,LD4LTD,LD7LTD,LD9LTD,LD10LTD. MEUCCI: Echo1, Ultra Piston 1, Econo1,Econo3,Meucci Demo + 314(2), Joss Cue,McDermott cue, Adam Cue, BB Super Decal cue, BB EC seri , Custom Cue atau Handmade seperti Samsara cue, QP cue, Jerry McWorter Cue. Dan Semua Accesories Billiard

    Cue Tips : Moori 130rb, Kamui Brown 130rb, Kamui Black 130rb, Everest 110rb, Sniper 120rb, Tiger, Dynamit, IceBreaker, Emerald.

    Hub 081383779910 / 087886458027 Mau Lihat Gambar di Facebook: Leonardo Pool

  14. Sy minat tuh mas stik pertamanya mas, kira” mau jual berapa. ?.
    Sy udh ciba hubungin d nomir yg tercantum udh ga aktif nomornya
    Tolong hubungin saya mas d 085777610728
    By ihan, bekasi

Leave a Reply