Internasional Roaming Simpati Telkomsel

Setelah beberapa saat sulit menghubungi customer service (CS) Telkomsel (Caroline), saya bisa juga berbicara dengan salah satu operatornya. Menu Caroline Telkomsel ini menurut saya kurang pas susunan menu-menunya, masa saya mau berbicara dengan operator saja harus menunggu mesin menceritakan menu-menu customer service. Kalau menurut saya harusnya menu untuk berbicara dengan operator harus diletakan di awal, sesaat setelah konsumen diminta memilih bahasa yang akan digunakan.

Pertanyaan saya pagi ini adalah bagaimana cara mengaktifkan internasional roaming kartu Simpati saat saya berada di luar negeri. Penjelasan yang diberikan CS cukup gamblang, caranya cukup simpel yaitu :

Kirim SMS ke 6616 isinya :
IR <16 angka di belakang SIM card>

SMS ke nomor 6616 dikenakan tarif normal SMS Rp350,- Oh ya, yang penting diingat adalah untuk dapat menggunakan Telkomsel di luar negeri pulsa Simpati minimal harus Rp50000,-. Perincian tarif layanan Telkomsel bagi pelanggannya yang berada di luar negeri adalah :

  • Menelepon ke nomor Telkomsel di Indonesia tarifnya adalah Rp13100,-/menit
  • Menelepon ke operator di negara bersangkutan tarifnya berbeda-beda untuk tiap negara. Tadi saya hanya bertanya tarif panggilan saat saya berada di Jerman, besarnya Rp22300,-/menit
  • Mengirimkan SMS ke semua operator di Indonesia tarifnya adalah Rp4500,-/1 SMS (160 karakter).
  • Menerima panggilan dari Indonesia, kita akan dikenakan tarif roaming sebesar Rp16600,-/menit. Gelo ya mahal amat :)

Saat kita berada di luar negeri, kita pun bisa melakukan pengisian pulsa Simpati. Caranya sudah pernah dibahas oleh rekan saya di sini. Fitur internasional roaming ini cukup sekali saja diaktifkan; artinya jika kita sudah kembali ke Indonesia fitur ini akan otomatis mati dan saat kita kembali pergi meninggalkan Indonesia fitur ini otomatis aktif. Canggih ya teknologi GSM sekarang. Lintas negara euy….

17 thoughts on “Internasional Roaming Simpati Telkomsel

  1. makasih infonya! saya lagi pake nomor simpati di amerika – saya nda tahu dulu harus 50.000 pulsanya supaya dapat terima/kirim SMS. aduh, mahal memang tarif2nya. trims -

  2. trim’s banyak friends.. informasi ini penting banget buat gue.. karena gue sebelumnya bingung mo menghubungi ortu gue yang saat ini lagi tunaikan ibadah haji di mekkah.. beliau pake kartu simpati.. tapi memang dasar telkomsel rada mahal..

  3. Saya mau bertanya jika kita berada di luar negri memakai telkomsel kita akan telpon rekan kerja kita yang di luarnegri juga misalnya saya di korea menggunakan simpati indonesia temen saya di korea juga tapi beda kartu.
    nah pertanyaan saya gimana cara menelpon rekan kerja saya tersebut

    apa dengan cara +82813xxxxx apa senaliknya (no korea )

  4. kalau kartunya HALO gmn?
    apa sama jg?
    Aq susah bgt menghubungi Customer Servicenya,,
    ga pernah ada yang angkat..

    makasi

  5. @ Dwie : untuk Halo prosedurnya lebih rumit. Kalau pemakaian telepon Anda rata-rata di atas Rp500rb/bulan, pengurusan roaming internasional tidak sulit. Cukup telepon CSnya saja. Kalau pemakaian di bawah Rp500rb/bulan, Anda harus memberikan deposit ke Telkomsel. Besarnya saya lupa, di atas 1 juta seingat saya. Deposit ini tidak dapat diambil lagi tapi akan dikurangi terus-menerus untuk membayar tagihan bulan-bulan berikutnya

  6. Bro.. tanya neh..
    Kmaren aq sampe nigeria, pulsa 6600 (enam ribu) aja dan bisa nerima sms tanpa registrasi ke 6616.
    Dan aku balas sms pake chip lokal dsini.
    Lalu aku pgn coba sms pake simpati.. alamak sekali sms langsung 3500 dan pulsa menjadi 3100. Nah semenjak itu aku gak bisa nerima sms.
    Jadi mohon saran dunk gimana aku bisa nerima sms lagi???
    Aku dah coba registrasi ke 6616 (kena 3500 juga bukan 350), dapat sms balasan katanya udah sukses. Tapi kok masih blum bisa nerima sms? Pulsa sekarang ada 13000 setelah aku minta temanku untuk isi 20.000 hehe..
    Mohon Bantuan.

    Thx.

    VLAD.

  7. saya punya keluarga sedang melaksanakan haji, kalau saya ingin menelpon bagaimana caranya, berapa nomer kode negara dan areanya?

  8. ya mas tedy saya mau tanya. saya ada masalah. spertinya mas tedy mungkin bisa membantu saya….
    begini ibu saya ada di Arab Saudi… dia menggunakan nomor simpati… sbelumnya dia pernah menghubungi kami d indonesia…. nah sekarang saya ingin mengubungi dia yg berada di arab saudi ,tapi kok dak bisa….

    mohon bantuannya ya mas……

    TERIMA KASIH

  9. Emang Simpati itu Tarifnya bikin Kantong Kempes.,..,
    Kalau Menurut q siCh MEnding Pake Axis Tarifnya Murah Abizzz.,”"”"”"”"”"”

  10. Mas Teddy saya mau tanya..setelah register di simpati international roaming itu kalau kita sms atau telp, nomor yang akan keluar di penerima itu nomor telkomsel kita atau nomor sementara di negara tersebut?

    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>