Buku Anti Marketing

Waktu akan berangkat ke Banjarmasin hari Rabu lalu, saya mampir di toko buku yang ada di bandara Soekarno Hatta. Toko bukunya namanya Parakmukti Slamet. Toko buku di terminal 2F ini tidak begitu besar. Koleksi buku yang dijual juga sedikit. Iseng mencari-cari buku untuk bahan bacaan di jalan, saya menemukan buku ini (dan akhirnya membelinya juga seharga Rp55000,-) :

Ini adalah bukunya Kafi Kurnia, judulnya “Anti Marketing”. Dulu saya pernah membeli buku Kafi Kurnia yang judulnya “Intrik – 7 Jurus Sukses”, seperti ini gambar covernya :

Sekilas membaca “Anti Marketing”, kurang lebih saya bisa menyimpulkan isinya adalah trik-trik/tips-tips pemasaran secara kreatif, keluar dari pakem pemasaran konvensional. Banyak tulisan dalam buku ini adalah tulisan-tulisan Kafi Kurnia yang pernah diterbitkan pada majalah Gatra. Tiap bab berisi cerita pendek tentang pemasaran produk/jasa. Cerita dilengkapi pula dengan pandangan-pandangan Kafi Kurnia tentang ilmu pemasaran. Tidak terlalu berat cara penyajiannya, sehingga saya pun yang bukan berlatar belakang ekonomi pemasaran bisa memahami maksud/pesan yang ingin disampaikan.

Saya baru baca sekitar 95 halaman selama perjalanan pergi pulang Jakarta – Banjarmasin. Dari banyak cerita yang disajikan dalam “Anti Marketing”, saya menemui setidaknya 5 tulisan yang pernah dimuat di buku “Intrik”. Hmm..kurang bahan kah Kafi Kurnia? Atau memang tulisan serupa diperlukan untuk menambah tebal isi buku? Atau sedemikian kuat dan hebatnya tulisan tersebut sampai dirasa perlu untuk dimuat berkali-kali. Sepertinya ini hal yang wajar di dunia tulis menulis buku. Seorang penulis mungkin saja lupa kalau bahan tulisan yang sama pernah dimuat di bukunya terdahulu. Dulu saya pun menjumpai hal yang sama di buku-buku karangan Hermawan Kertajaya. Tulisan dengan inti cerita yang sama dimuat beberapa kali di buku yang berbeda. Bahkan beberapa tulisan dimuat persis sama susunan kalimatnya.

Meskipun demikian tetap saja saya kagum dengan orang-orang yang bisa produktif menerbitkan buku. Terserah orang mau bilang apa, faktanya dia bisa menelurkan buku baru dan “memaksa” orang (seperti saya) penasaran lalu membelinya 🙂

One thought on “Buku Anti Marketing

  1. selamat siang pak bolehkah kalo saya pinjam buku ini untuk kepentingan skripsi. sebab saya sudah keliling tak juga ketemu. stok habis katanya, di gramedia toiko paling besar pun kosong. kalo boleh tolong dibalas ke meil saya . terim kasih sebelumnya. lagingapaikk@yahoo.co.id

Leave a Reply