Surabaya (part 4) – Ledre Pisang

Kemarin saya cerita kalau saya mampir di Genteng Surabaya untuk beli ledre pisang. Ini cerita saya tentang apa sih ledre pisang itu. Lihat dulu gambar makanan yang kriuk-kriuk renyah ini :

Dulu pertama kali saya dikenalkan dengan yang namanya ledre oleh rekan saya Budy. Saya jadi suka makanan ringan ini. Ledre itu tipis dan kalau masih bagus kondisinya ledre renyah sekali kalau dimakan. Katanya dibuat dengan bahan pisang, entah apa bahan lengkapnya sepertinya sih dicampur tepung juga. Ada ledre yang berbentuk lempengan pipih seperti foto di atas, ada juga yang dibuat bulat panjang seperti semprong (Anda tahu kan apa itu semprong?). Katanya sih ledre itu makanan khas kota Bojonegoro; tapi ada juga yang dibuat di kota lain, Malang misalnya.

Dulu saya pernah membeli ledre waktu ke Surabaya bulan Oktober tahun lalu. Saya beli di toko oleh-oleh Panen Raya, di daerah Genteng Surabaya. Budy yang saya bawakan ledre waktu itu cocok dengan ledrenya yang bentuknya lempengan itu. Makanya Sabtu kemarin waktu tahu saya akan ke Surabaya dia titip ledre lagi. Saya sudah beli 3 dus ledre Minggu kemarin. Tapi karena sampai sekarang belum pulang ke Jakarta, 2 dus sudah habis saya makan kemarin malam :-p . Sisa 1 dus besar ledre seperti ini :

Sore ini saya batal lagi pulang ke Jakarta, bengong di hotel membuat saya gatal mencicipi ledre yang tinggal 1 dus itu (mereknya lain dengan yang saya makan kemarin 😀 ). Akhirnya saya buka juga dus titipan tadi…alamat besok sebelum pulang mampir Genteng lagi nih beli titipan yang terlanjur saya makan :)) .

Leave a Reply