Surabaya (part 8) – Mahalnya GPRS Telkomsel

Kemarin siang saya mencoba mengakses internet lewat GPRSnya Telkomsel. Berhubung di hotel saya tidak ada internet gratis, saya iseng mencoba internet via GPRS. Saya pakai ponsel Sony Ericsson T68 sebagai modem dan menghubungkannya ke laptop saya lewat port infrared. Oh ya, sebelumnya saya harus mengaktifkan dulu layanan GPRS; karena saya adalah pengguna kartu Halo caranya adalah dengan menelepon ke 111. Di sana akan ada penjelasan tentang cara pengaktifan fitur GPRS Telkomsel. Fitur GPRS ini aktif setelah saya menerima sms konfirmasi dari Telkomsel bahwa fitur GPRS saya sudah dapat digunakan.

Untuk menjadikan T68 sebagai modem, saya harus menambahkannya dulu lewat Control Panelnya Windows (di menu Phone & Modem Options). Sebelumnya saya harus mengaktifkan dulu port infrared-nya T68 lalu memposisikannya tepat di depan port infrared notebook saya. Tidak terlalu sulit untuk menambahkan modem via infrared ini. Setelah menambahkan modem saya harus membuat koneksi baru, ini mudah dilakukan lewat Control Panel juga (di menu Network Connections). Untuk menggunakan Telkomsel GPRS kita harus membuat sebuah koneksi baru (bebas nama koneksinya apa) dengan tipe dial-up. Nomor yang kita panggil adalah *99***3# sementara username-nya adalah wap dan password-nya adalah wap123.

Setelah selesai membuat koneksi baru, tinggal dial saja saya langsung bisa internetan tapi dengan kecepatan yang lambat. Yang menyebabkan lambat ada 2 faktor : faktor pertama adalah akses data dengan teknologi GPRS memang tidak tinggi bandwidth-nya, faktor kedua adalah koneksi antara ponsel sebagai modem dengan notebook saya hanya lewat port infrared (ini tentu jauh lebih lambat dibandingkan kalau saya menggunakan Bluetooth atau kabel data).

Gila saya kaget bukan kepalang ketika memeriksa total biaya pemakaian akses GPRS tadi. Akses data sejumlah 7344KB membutuhkan biaya sebesar Rp88128,-. Kalau dihitung berarti tarif volume based GPRS ini adalah sebesar Rp12,-/KB. Edan…mahalnya. Jauh lebih murah koneksi internet dengan Telkom Flexi kalau begitu sih. Dengan CDMA saya bisa internetan cukup murah dan lebih kencang daripada dengan GPRS. Alternatif lain yang terlintas di kepala saya adalah beli modem 3.5G (atau ponsel yang mendukung HSDPA) supaya bisa pakai Telkomsel Flash :-p . Terasa nih pentingnya punya mobile internet access kalau sedang bepergian seperti sekarang. Kalau di Jakarta saja sih Speedy sudah cukup buat saya.

12 thoughts on “Surabaya (part 8) – Mahalnya GPRS Telkomsel

  1. betul ted..
    tarif nya memang Rp.12/KB, gw jg dulu sering connect pake Halo..
    tagihan pernah nembus angka 7digit gara2 dipake internetan , hahaha..

    akhir nya pake indosat3g, tarif Rp.130rb quota 1.2 GB. (bukan promosi=p)

  2. halah, mending mentari or im3 aja mas
    0. ga perlu telpon2 buat aktipasi
    1. tarip 100/menit, 1/kb… 3G ready

    selama ini sebelum hpnya kejual saya pake k608 + blutut dongel murahan, meski tiap konek mesti pairing ulang, tapi mak nyusss…wus wus wus šŸ˜€ yaah, 100/menit lumangyan lah dengan kecepatan 3G hehehe

  3. iya pak, i pake simpati juga Rp12/kb. solusi biar murah ya i selalu pake Opera mini u/ browsing(tapi i main pake PDA loh, buka laptop) kalo pake internet explorer mahal, sekali loading (misalnya buka tampilan yahoo)bisa -+ 200kb tapi pakai Opera mini paling 10kb(kalo dari pertama login, cek email sampai log out paling memakan kurang dari 100kb)
    hehehehehe………
    atau pake axis pak, gratis 100mb per bulan sampai bulan mei(kan u sukanya yang gratis)hehehehe…

  4. yup im3 dan mentari bisa langsung sung sung, 3g lagi
    axis? bwehhh gara2 geratis 100mb itu langsung dhedhel dhuwel koneksinya :p, kayak jaman2 gprs matrix gratis dulu itu yang malah dipake buwat warnet khikhikhi

  5. Bro, setting dulu lah di HP untuk memakai APN Tsel Internet untuk yang program volume based. gw selalu pake tiap hari tuh, kebetulan ada coverage HSDPA di sekitar kampus. murah bro, cuman Rp1/ Kb, coba dulu bro. =) thanks

  6. pake im3 aja setingan nya pake @durasi cma 20prak/menit coba aja
    ni setingan nya:

    6. Indosat ā€“ IM3 ā€“ (Waktu)
    Dial Up Number : *99***1#
    User Name : indosat@durasi
    Password : indosat@durasi
    Access Point : http://www.indosat-m3.net
    Extra Setting : kosongin aja

    jgn lpa seting ponsel nya jga dgn sms :
    durasi(spasi)type ponsel(spasi)model hp
    kirim ke 3000

Leave a Reply