Mengetik Aksara Kanji

tedyBagaimana cara menulis (baca : mengetik) aksara kanji (huruf Mandarin) di komputer? Ini pertanyaan bagus dari Mamah saya di rumah saat weekend lalu saya pulang ke Cirebon. Untuk menjawab pertanyaan itu, Minggu pagi saya sedikit ngoprek untuk mencari tahu bagaimana cara mengetik aksara kanji di dalam notebook saya yang menggunakan Windows XP (English version). Setelah Googling sebentar, saya dapat beberapa tips. Langsung saya coba dan setelah sukses mengetik karakter kanji, saya buat deh tutorial bodoh-bodohannya. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan, khususnya oleh Mamah saya yang sekarang punya profesi baru sebagai guru bahasa Mandarin 😀 .

Berikut ini adalah tutorial singkat yang saya buat tentang bagaimana mengetik aksara kanji dalam komputer dengan sistem operasi Windows XP English Version. File tutorialnya dalam format PDF, silakan diunduh di sini (ukuran sekitar 900KB).

(Gambar di atas adalah nama Mandarin saya : Zheng Meng Wei. Sok Cina mode ON =)) )

3 thoughts on “Mengetik Aksara Kanji

  1. ngg, kok guidenya gede amaat? 900 kb?? padahal bisa langsung diaktifkan di Control panel>regional and language>Activate east asian language kan?

    Mas tedy belajar bahasa mandarin? kalau saya jepang, saya ga bisa hidup tanpa IME Japan di komputer ini :))

  2. @ Calvin : ya iyalah gede…kan petunjuk bodoh-bodohan 🙂 Belum tentu bisa diaktifkan lgs seperti yang Anda bilang, tergantung Windows versi apa yang diinstal. Saya sih gak belajar bahasa Mandarin…cuma bisa diiikiiiiit banget.

  3. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Blog Archive » Blade On the Heart

Leave a Reply