GFF Silver

Pulang dari kantor sore tadi, ada surat dari Garuda di depan kamar saya. Kiriman kartu baru rupanya. Garuda mengirimi saya kartu Garuda Frequent Flyer Silver. Ini karena tier milleage saya sudah melampaui angka 5000. Jadi setiap kali pemegang kartu GFF terbang dengan menggunakan Garuda, dia berhak memperoleh poin. Poin itu dalam istilahnya Garuda Indonesia, disebut sebagai milleage. Ada 2 jenis milleage yang diberikan oleh Garuda kepada setiap member GFF. Pertama adalah award milleage, kedua adalah tier milleage.

Award milleage adalah poin yang bila diakumulasi sampai jumlah tertentu dapat ditukar dengan tiket terbang gratis. Terbang gratis di kelas ekonomi untuk rute Jakarta Surabaya misalnya, perlu 9000 award milleage. Nah tiap kali terbang dengan Garuda, pemegang kartu GFF memperoleh award

milleage yang berbeda-beda besarnya tergantung jarak tempuh dan tergantung di kelas apa terbangnya. Terbang dengan kelas Ekonomi V tidak ada award milleage-nya. Oh ya Anda sudah tahu kan kalau kelas Ekonomi pun masih dibagi-bagi lagi ke dalam beberapa kelas (B, C, V, ….. , & paling tinggi adalah Y). Sampai sekarang saya masih gak ngerti apa bedanya naik Ekonomi yang beda-beda itu, fasilitas sama saja kok. Mungkin pengaturan kursi saja. Award milleage itu dapat diakumulasi terus sepanjang Anda masih menjadi anggota Garuda Frequent Flyer.

Tier milleage mengukur level keanggotaan GFF Anda. Tiap tahun tier milleage akan direset kembali menjadi nol. Jadi misalnya saya sekarang ini sebagai pemegang GFF Silver, saya harus mengumpulkan setidaknya 5000 tier milleage sampai batas waktu Desember 2009. Kalau sampai Desember 2009 tier milleage yang saya kumpulkan kurang dari 5000, keanggotaan GFF saya akan balik lagi jadi Blue.

Gitu loh sedikit cerita tentang Garuda Frequent Flyer. Lalu apa keuntungannya jadi Garuda Frequent Flyer? Ya salah satunya itu tadi, bisa terbang gratis kalau award milleage-nya cukup. Keuntungan lain? Silakan baca sendiri di webnya Garuda (yang lambat sekali dibukanya).

5 thoughts on “GFF Silver

Leave a Reply