Portable Harddisk

Ini pengalaman saya pertama belanja barang elektronik secara online. Kemarin saya berniat membeli sebuah portable harddisk. Pilih-pilih di Bhinneka.com (sebenernya cari yang paling murah 😀 ) akhirnya saya pilih PenDrive Sense 160GB. Sayangnya tadi siang sales Bhinneka menelepon dan mengatakan mereka tidak punya stok PenDrive 160GB. Jadi saya ditawari PenDrive 120GB. Bhinneka.com memberikan fasilitas antar pesanan dengan ongkos kirim Rp25000,- (untuk wilayah Jakarta). Tadi sore sekitar pukul 5, barang sudah datang ke tempat saya. Bentuknya seperti ini nih :

Simpel bentuknya. Ini adalah portable harddisk keluaran PenDrive (sama merek dengan flash disk saya). Koneksi ke laptop lewat sebuah kabel USB. Dari sekian banyak produk portable harddisk, PenDrive Sense ini paling murah & paling besar ukurannya. Dengan harga Rp633.000,- saya sudah bisa memperoleh harddisk seukuran 120GB. Bandingkan dengan merek lain (Western Digital, Maxtor, Seagate) dengan harga yang sama saya hanya memperoleh harddisk dengan ukuran 80GB. Produk ini digaransi selama 5 tahun oleh Bhinneka.

Ketika tadi saya coba hubungkan dengan notebook, PenDrive Sense ini rupanya menggunakan harddisk merek Samsung. Di dalamnya sudah ada file system FAT32 (jadi saya tidak perlu memformatnya lagi), space yang tersedia hanya 111GB….boros ya hilang 9GB duluan. Soal kecepatan baca tulis belum saya tes nih, nanti saya update kalau sudah tes kecepatan baca tulis harddisk ini (hasilnya ada di sini). Sekarang tinggal cari wadah untuk menyimpan PenDrive ini…sayang juga kalau lecet.

update : berhubung belum sempat cari casing untuk melindungi PenDrive Sense saya, saya bungkus saja dengan bubble wrap seperti ini (Bubble wrapnya ngembat bekas bungkus memory Primepower server di kantor 😀 ) :

Di dalam boks PenDrive Sense ini, saya juga diberi kartu berisi nomor registrasi untuk dapat men-download beberapa macam software dari websitenya PenDrive. Salah satu yang boleh diambil dan digunakan secara bebas adalah Carry it Easy +Plus. Carry it Easy +Plus sebenarnya adalah shareware software yang bisa Anda download di internet untuk 30 hari hak pakai. Khusus untuk pembeli PenDrive Sense, diberi gratis lisensi untuk 365 hari pakai. Software ini dapat digunakan untuk mengatur backup dari PC ke dalam harddisk eksternal. Baru saja saya coba mengamankan data-data email dari Microsoft Outlook dengan Bantuan Carry it Easy +Plus ini. Cukup mudah, tinggal klik dan pilih bagian email mana yang perlu diamankan. Lihat screenshot-nya ini :

Ada juga fitur untuk menjadikan PenDrive Sense ini sebagai PC lock (user harus menghubungkan Sense ini supaya PC dapat dipakai). Selain mengamakan data email, software ini juga dapat dipakai untuk mensinkronkan folder yang ada di dalam notebook dengan backup-nya di dalam Sense ini. Rasanya ini penting bagi saya untuk mengamankan foto-foto dari kamera Nikon saya yang tiap hari semakin bertambah banyak. Ada gak ya software macam ini yang freeware? 😀 Di web PenDrive, ada juga disediakan software yang sifatnya gratis, misalnya Firefox Portable, GAIM Portable, Thunderbird Portable, OpenOffice Portable….cukup menarik untuk diambil. Tidak perlu instalasi, penting kalau sedang nebeng pakai komputer orang lain.

Mainan berikutnya adalah menginstal Linux di portable harddisk ini 😀

28 thoughts on “Portable Harddisk

  1. ted hard disknya kok bisa kuramg 9GB sebelum di pakai?
    kenapa bisa begitu? mini SD i juga kurang beberapa MB. (Mode tanya pada sang pakar : ON)thx

  2. @ Fendi : harddisk kan bentuknya cakram (lingkaran), jadi jumlah silinder (bagian terkecil dari cakram tadi) kalau diitung2 efektifnya gak sampe 120GB. Juga ada kaitan sama dipakai menyimpan informasi file system

  3. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Tes Baca PenDrive Sense

  4. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » How To Convert FAT32 to NTFS

  5. Sy juga punya yang 120GB,,,masalah borosnya itu nggak juga,knp?
    Soalnya PC ngbaca kpasitasnya 1MB=1024kb….bukan 1MB=1000kb sperti yang di baca ama HD itu…jadi kapasitasnya skitar 119,9GB…Ditunggu yah update tentang kecepatannya…oh ya say mau nanya..soket dissamping connector USB itu untuk apa yah? Tolong email ke saya yah kalo tau…

    Terima kasih sebelumnya…

  6. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Sinkronisasi & Kamus

  7. mo tanya, format fat32 bisa diganti ntfs, ga?
    kalo bisa dibales ke email saya, ya.
    trims.
    nb: pendrive itu dari malaysia, ya?

  8. kalo dibanding maxtor apa wdc gimana?
    kalo mereka kan pabrikan harddisk. apakah kinerjanya lebih baik dari pendrive atau sama saja (apakah yang perlu diperhatikan hanya buffer size)?

  9. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Ganti Casing Pendrive

  10. Bagi teman – teman yang pernah mengalami harddisk, flasdisk, MMC rusak
    – no detect- partisi hilang- terformat- fdisk- virus- corrupt
    – delete- hidden..dll…..bisa dikonsultasikan atau di recovery data
    bisa datang ke ertech komputer.
    Alamat nya: jl.karang rejo x/36 surabaya (daerah ketintang)
    Hub : 031 72357968/081330029001
    Saya dulu pernah menyelamatkan harddisk no detek
    Disini memang benar ok banget.masalah harga bisa di nego,
    Trims ertech berkat ertechcom dataku kembali normal.
    Semoga sukses…..teman2…!!

  11. Saya mau nanya ni, tadi saya baru ganti HDD laptop saya dari 500 GB ke 1 tera, nah HDD yg 500 GB itu mau saya jadiin hardisk external, bisa gak ya, itu gmana caranya, apakah saya harus beli casing hardisknya doang ya (portable)? Ada gak ya jual casing portable hardisknya doank, tanpa isi hhd di dalamnya, soalnya saya udah punya hardisk’y, dan kalo ada jual casingnya doang, casing jenis apa yang bagus, serta software apa yg perlu saya instal untuk menjaga ketahanan hardisk tsb dan untuk memaksimalkan fungsi hardisk. Mohon tanggapannya kk semuanya, trimakasih.

Leave a Reply