Panduan Membeli Komputer

Salah satu teman saya bingung memilih ketika ingin merakit sebuah PC desktop (gampangnya saya sebut “komputer” saja) . Berikut saya tuliskan panduan bodoh-bodohan tentang apa saja yang perlu dipikirkan sebelum membeli sebuah komputer. Panduan ini hanya bicara secara umum khusus untuk orang-orang yang mencap dirinya sebagai orang yang “gaptek” (gagap teknologi).

Pertimbangan utama dalam memilih komponen-komponen sebuah PC tersebut menurut saya hanya ada 2 hal yaitu :

  1. Fungsi & kebutuhan
    Banyak alasan orang memerlukan PC di rumahnya, di antaranya adalah :

    • Ada yang sekadar untuk sarana hiburan (memutar musik, menonton DVD, bermain games, browsing internet),
    • Ada yang sekadar untuk menjalankan aplikasi kantor (mengetik dokumen, membuat spreadsheet)
    • Ada juga orang yang menggunakan PC untuk pekerjaan spesifik yang butuh komputer yang powerfull (mendesain web, mengedit foto/video, membuat desain rancang bangun, dsb).
    • Sebagian kecil mungkin ingin membeli komputer untuk disulap menjadi sebuah server
    • Ada juga yang punya kebutuhan bervariasi dari berbagai jenis kebutuhan tadi. Anda harus dapat menentukan terlebih dulu apa saja sih kebutuhan utama Anda yang harus terpenuhi dengan komputer tersebut. Mana yang jadi prioritas. Dengan kata lain, apa yang Anda harapkan dari komputer Anda?
  2. Budget
    Pertimbangan dana ini hanya bagi Anda yang butuh komputer tapi memiliki sedikit masalah dengan urusan pendanaan. Bagi Anda yang punya dana tak terbatas tentu hal ini tidak jadi hal yang perlu dipikirkan, berapa pun harganya toh Anda sanggup membayar kan? :D Ok…jika Anda butuh komputer dan dana Anda terbatas (bukan berarti sedikit dananya loh), sudahkah Anda mendeskripsikan untuk apa sih komputer bagi Anda? Kalau sudah menentukan fungsi komputer bagi Anda, tentukan berapa dana yang Anda anggarkan untuk membeli komputer?

Setelah Anda punya gambaran berapa dana untuk membeli komputer dan sudah tahu kira-kira untuk apa sih komputer yang akan Anda beli, berikut ini adalah bagian-bagian yang perlu Anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda (perlu diingat di sini saya tidak membahas merek) :

  1. Processor
    Processor adalah otaknya sebuah komputer, maka penting sekali memilih processor yang tepat sesuai kebutuhan & budget. Ada 2 jenis processor yang umum dipakai dalam sebuah komputer pribadi : Intel & AMD. Saat memilih processor, Anda perlu memutuskan arsitektur yang seperti apa (single core atau dual core misalnya). Hal lain yang biasa jadi pertimbangan adalah kecepatan processor Anda, biasanya Anda menjumpai spesifikasi dalam hitungan GHz (gigahertz). Kalau Anda memerlukan komputer hanya untuk mengetik, memutar musik/film, berinternet, Anda tidak terlalu butuh speedprocessor dengan kecepatan 1.6GHz sudah sangat memadai. Tapi kalau Anda butuh komputer untuk menjalankan aplikasi yang berat (Photoshop misalnya), pilihlah processor dengan speed yang lebih tinggi. Perlu diingat, kenaikan kecepatan processor tidak akan terlalu terasa efeknya dibandingkan dengan memperbesar jumlah memory yang Anda gunakan.
  2. Memory (RAM)
    Memory
    di pasaran dijual dalam satuan byte (256MB maksudnya 256 Megabyte, 1GB maksudnya 1 Gigabyte). Semakin berat aplikasi yang akan Anda jalankan (baik itu sistem operasi maupun aplikasinya), semakin besar memory yang perlu Anda pasangkan ke dalam komputer Anda. Anda akan merasa komputer Anda bekerja lambat kalau Anda menggunakan Windows XP dengan dukungan memory hanya 128MB. Kalau Anda berencana menggunakan Windows Vista, berpikirlah ulang untuk menggunakan memory 512/1GB. Kalau Anda hanya menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, memutar musik/film, berinternet; memory seukuran 256MB tentu sudah cukup memadai. Semakin besar ukuran memory yang Anda gunakan, semakin cepat rasanya komputer Anda.
  3. Harddisk
    Harddisk yang umum dijual untuk pengguna kebanyakan berkisar 80-250GB. Semakin besar ukuran harddisk, semakin banyak pula data yang Anda bisa simpan di dalam komputer Anda. Ada 2 tipe harddisk saat ini yang umum dipakai di komputer pribadi : IDE & SATA. Dua tipe ini adalah tipe koneksi harddisk dengan motherboard-nya. Sekarang rata-rata Anda akan menjumpai harddisk dengan tipe SATA dijual di toko komputer. Untuk ukuran yang sama, harddisk IDE lebih murah dibandingkan dengan harddisk SATA.
  4. Motherboard
    Motherboard
    adalah sebuah sirkuit elektronik tempat semua komponen komputer dipasangkan. Yang dipasangkan ke motherboard antara lain adalah processor, memory, harddisk, berbagai macam PCI Card (sound card, LAN card, graphic card). Yang penting diingat dalam memilih sebuah motherboard adalah processor apa yang Anda gunakan. Tipe motherboard sangat bergantung dari tipe processor yang Anda pilih….Intel atau AMD, single core atau dual core processor? Jangan sampai Anda salah memilih motherboard. Motherboard sekarang rata-rata dilengkapi juga dengan graphic card (sering disebut pula VGA card), sound card, LAN card internal. Kalau budget Anda terbatas, Anda bisa tertolong dengan menggunakan semua yang serba internal ini. Cukup membeli motherboard dengan sound card, graphic card, & LAN card internal, Anda sudah bisa menyambungkan CPU Anda dengan monitor, speaker dan bisa menghubungkan komputer Anda ke dalam sebuah jaringan.
  5. Optical drive
    Saat ini orang rata-rata sudah memilih membeli DVD-ROM. DVD ROM bisa digunakan untuk membaca keping DVD dan juga keping CD. Tapi optical drive macam ini tidak dapat dipakai untuk “membakar” DVD ataupun CD (Anda tidak dapat menyalin data ke dalam keping DVD/CD dengan menggunakan DVD ROM). Pilihlah DVD-RW jika Anda butuh menyalin data ke dalam keping CD/DVD). Ada juga pilihan DVD Combo, dengan drive model ini Anda bisa membaca keping CD/DVD tapi hanya bisa membakar/menyalin data ke dalam kepingan CD. Pilihan DVD-RW juga ada beberapa jenis, ada DVD-RW yang bisa menyalin data ke keping DVD dual layer (ukuran 8GB) ada yang hanya bisa menyalin data ke dalam keping DVD biasa (ukuran 4GB).
  6. Casing CPU
    Casing CPU merupakan tempat semua komponen dipasangkan (kecuali monitor, keyboard, mouse). Saat memilih casing, yang perlu dipertimbangkan selain model adalah besar ukuran power supply yang disertakan di dalamnya. Ada berbagai macam ukuran power supply dari 300 Watt sampai 500 Watt. Semakin banyak komponen yang terpasang ke dalam komputer, semakin besar juga daya yang dibutuhkan.
  7. Monitor
    Anda bisa memilih membeli monitor CRT atau LCD. LCD saat ini masih lebih mahal dibandingkan dengan monitor CRT. Kalau budget masih menjadi masalah utama, pilih saja monitor CRT. Monitor CRT ada yang memiliki layar cembung, ada juga yang memiliki layar datar.
  8. Keyboard + mouse
    Tidak banyak yang perlu dibahas soal keyboard & mouse. Cuma mungkin tipe koneksinya saja, ada yang memakai konektor PS/2 ada yang menggunakan USB. Ada mouse yang masih menggunakan bola, ada mouse yang sudah menggunakan sistem optik (LED maupun laser). Memilih dua komponen ini bukan hal yang prinsip. Cuma masalah nyaman atau tidak Anda menggunakan keyboard dan mouse tersebut. Kalau bicara merek tentu lain lagi urusannya.
  9. VGA Card
    Kalau Anda membutuhkan tampilan grafis yang OK dan powerfull, Anda perlu mempertimbangkan membeli tambahan sebuah card VGA. Misalnya Anda butuh komputer untuk bermain games 3D atau mengedit foto/video, jangan berharap banyak hanya dengan menggunakan graphic card bawaan motherboard. Ada beberapa jenis VGA card menurut tipe koneksinya, ada AGP & PCI Express.
  10. Sound Card
    Sound card
    perlu Anda beli bila memang kualitas suara benar-benar menjadi sesuatu yang wajib bagi Anda. Motherboard sekarang hampir semua sudah dilengkapi dengan sound card internal. Untuk orang kebanyakan sound card internal sudah mencukupi. Lagi-lagi kalau memang budget Anda terbatas, penambahan sound card dapat dipikirkan belakangan.
  11. Speaker
    Bila Anda beli komputer untuk sarana entertainment, tentu Anda wajib membeli sebuah speaker. Ada tipe speaker pasif (tidak butuh listrik lagi, langsung colok ke sound card saja); ada juga yang tipe aktif (butuh catu daya listrik sendiri). Masalah kualitas suara? Ya harga berbanding lurus dengan kualitas pastinya.
  12. Printer
    Printer sebenarnya hanya komponen tambahan bagi sebuah komputer. Jika kebutuhan mencetak dokumen cukup tinggi, pertimbangkan juga anggaran Anda untuk membeli sebuah printer.
  13. Modem
    Jika Anda berencana menggunakan komputer Anda untuk berinternet dengan menggunakan Telkomnet Instan, Anda perlu melengkapi komputer Anda dengan dial up modem. Ada tipe modem eksternal (disambungkan ke CPU dengan kabel serial/USB), ada juga tipe modem internal (dipasangkan ke motherboard di slot PCI).
  14. LAN card
    LAN card biasanya sudah ada di dalam motherboard (internal LAN). Bila Anda butuh koneksi lebih dari 1 ke jaringan komputer, Anda bisa menambah LAN card ke dalam komputer Anda. Pertimbangannya adalah berapa kecepatan maksimum yang Anda harapkan. Ada LAN card yang bekerja di 10/100Mbps, ada juga yang sampai hitungan giga (gigabit ethernet 10/100/1000Mbps)

Secara bodoh-bodohan, Anda sebenarnya bisa saja datang ke sebuah toko komputer lalu minta dibuatkan sebuah skenario spesifikasi komputer sesuai kebutuhan dan budget Anda. Tapi bagi sebagian orang (seperti teman saya misalnya), ada kekuatiran akan dibohongi oleh penjual. Makanya sedikit banyak Anda perlu tahu apa saja sih komponen yang perlu dibeli. Soal harga, kalau budget jadi hal yang penting, saran saya rajin-rajinlah keluar masuk toko komputer untuk membandingkan harga. Bawa catatan spesifikasi komputer yang Anda inginkan, lalu kunjungi toko-toko komputer untuk mencari toko yang berani menjual dengan harga paling murah.

Ada sebuah situs web yang cocok bagi Anda untuk mensimulasi harga komputer, rakitan.com. Selamat membeli komputer.

2 thoughts on “Panduan Membeli Komputer

Leave a Reply