Cara Menginstal Linux

Dua hari yang lalu saya menulis sebuah panduan bodoh-bodohan tentang bagaimana menginstal Windows XP. Tadi saya baru ingat kalau saya juga pernah membuat dokumen yang sejenis. Tahun lalu saya pernah menulis dokumen tentang bagaimana menginstal CentOS Linux ke dalam komputer. Bagi para Linux geeks, mungkin dokumen ini tidak akan ada artinya :D (lah wong semua instalasinya pake GUI kok). Nah sama halnya seperti tutorial instalasi Windows kemarin, tutorial ini saya buat juga untuk para newbie di dunia Linux. Linux sekarang tidak terlalu beda dengan Windows dalam hal cara instalasinya, semuanya serba GUI (graphical user interface)…tinggal Next Next Next beres deh :)) . Memang sih beberapa distro Linux masih ada yang mempertahankan metoda instalasi berbasis command line (contohnya kalau tidak salah Gentoo Linux).

Sayangnya karena terlalu banyak distribusi Linux (RedHat, SUSE, Debian, Mandriva, dll) saya tidak mungkin menuliskan satu persatu tiap distro. Ada banyak pilihan distro Linux yang sistem instalasinya berbasis GUI, CentOS Linux salah satunya (distro ini kalau tidak salah juga adalah turunan dari RedHat). Untuk Anda yang ingin belajar mengenal Linux, saya sarankan mulailah dengan distro yang full GUI (seperti misalnya Centos, Fedora, Ubuntu, OpenSUSE). Jadi bagi Anda yang belum pernah menginstal Linux sendiri, silakan baca dokumen yang saya buat ini. Hare gene gak kenal Linux? =))

Tutorialnya dapat Anda baca di sini di sini. Oh ya, dokumen ini dulu saya tulis dengan menggunakan LaTeX loh. Jadi tulisan ini melengkapi tutorial saya tentang cara instalasi bermacam sistem operasi mulai dari Windows, Linux, dan Solaris. Semua tulisan saya juga sudah saya daftarkan di halaman Download blog ini.

14 thoughts on “Cara Menginstal Linux

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Instalasi FreeBSD

  2. Mas Tedy makasih tutorialnya u/ instal linux versi CentOS nya y..sepertinya mudah sekali…pertanyaan saya apakah bagi pemula versi ini lebih mudah dipelajari y??
    request ni tolong tampilkan list command line yg dipake linux dnk???

Leave a Reply