15 Jam Di Cirebon

 Hari Minggu kemarin saya pulang ke Cirebon. Sialnya saya hanya dapat tiket bisnis kereta Cirebon Express. Kelas bisnis kereta api tentu beda dengan kelas bisnisnya Garuda. Duduk di kelas bisnis KA Cirebon Express cukup menyiksa….panas. Gerbong kelas bisnis hanya dilengkapi dengan kipas angin. Itupun tidak cukup mengusir panas & gerah perjalanan di siang hari kemarin. Belum lagi perjalanan yang terlambat dari jadwal. Tapi tiket bisnis Cirebon Express masih malah loh, Rp60.000,-. Bandingkan dengan tiket kereta api eksekutif Argo Gede (Jakarta-Bandung) yang dibanting jadi Rp45.000,-. Minggu kemarin saya berangkat dari stasiun Gambir sekitar pukul 11.10 dan baru sampai di stasiun Cirebon sore pukul 3 kurang 10 menit. Perjalanan yang teorinya hanya sekitar 3 jam, harus saya tempuh selama hampir 4 jam. Tidur tidak nyaman, baca juga tidak nyaman. Ah pokoknya kemarin saya benar-benar tersiksa di kereta, pengennya cepat-cepat sampai di Cirebon.

Sampai di stasiun Cirebon, saya segera menuju tempat reservasi tiket untuk beli tiket pulang hari Senin ini. Ternyata tiket kereta api eksekutif hanya tersedia jam 6 pagi, kereta api Argo Jati. Mungkin sih kalau Senin ini saya langsung antri di loket, saya masih bisa dapat tiket kereta selain kereta jam 6 pagi. Tapi saya tidak mau ambil resiko, berhubung saya sudah pegang tiket untuk berangkat ke Padang Selasa pagi besok.

Jadilah saya pulang ke Cirebon hanya sekitar 15 jam. Tadi pagi saya pulang lagi ke Jakarta dengan kereta api Argo Jati pukul 05.45. Tadi sih perjalanan boleh dibilang tepat waktu. Berangkat dari Cirebon pukul 05.45 sampai di Jakarta pukul 08.40 (terlambat 8 menit dari jadwal yang tercetak di karcis..cukup bisa ditolerir). Pagi ini saya malah kedinginan di kereta. AC gerbong kereta Argo Jati mungkin diset maksimum. Enak sih untuk tidur, tapi kalau tidak bawa jaket seperti saya ya cukup tersiksa. Halah, komplain terus ya…kepanasan ngomel, kedinginan ngeluh :-p mau lu apa sih? Maunya sih perjalanan seperti tadi pagi, dingin, on time, & bawa jaket biar bisa nyaman tidur ;))

Hmm…sepi ya Jakarta kalau libur panjang seperti sekarang ini. Eh foto di atas adalah salah satu foto yang saya ambil di jalan naik becak dari stasiun menuju rumah. Yang ada di foto tersebut adalah gambar gerbang pelabuhan Cirebon. Pelabuhan Cirebon (kalau tidak salah disebut Pelabuhan Tanjung Mas) sendiri punya 3 pintu gerbang. Nah yang di foto itu adalah foto gerbang I.

5 thoughts on “15 Jam Di Cirebon

  1. Assalamu’alaikum.
    Saya mo numpang tanya Pak, Dari cirebon ke Jakarta itu, selain argo jati naik apa lagi ya pak? itu ke jakartanya langsung ke gambir ya? Mohon bantuannya Pak.

Leave a Reply