Cue Stick Stabilizer

Tiap cue stick dilengkapi oleh karet pada bagian bawah butt-nya. Karet itu lazim dikenal sebagai bumper. Bumper berfungsi untuk melindungi bagian bawah stik (butt) ketika stik sedang diletakkan dengan posisi berdiri atau ketika pemain sedang memegang stiknya sambil berdiri (bumper-lah yang akan bersentuhan dengan lantai). Foto di bawah ini adalah foto cue stick Joss 101 milik saya (bumper-nya adalah bagian berwarna hitam di bawah tulisan Joss).

Bumper tersebut bisa dilepas-pasang. Wujud dari bumper itu sendiri adalah seperti ini ketika sudah dilepas dari butt.

Bentuknya bulat dilengkapi dengan bagian berulir, persis seperti sebuah baut karet berpayung lebar. Nah ceritanya beberapa minggu lalu saya mengganti bumper standar bawaan Joss 101 dengan aksesori stabilizer.  Aksesori itu bermerek Limbsaver tipe X-1 Cue Stick Stabilizer. Wujudnya setelah dipasang adalah seperti berikut ini :

Dengan tambahan Limbsaver ini, bumper Joss 101 saya jadi lebih panjang. Katanya sih aksesori ini berguna untuk mengurangi goncangan, membuat kestabilan pukulan kita. Saat kita melakukan ayunan sebelum memukul bola, gerakan stik kita jadi terasa lebih mantap. Sugesti apa memang benar ya? Halah pikir-pikir bohong juga sih…kalau main biliarnya masih pas-pasan seperti saya, biarpun dipasangi stabilizer tetap saja masih jelek pukulannya :)). Lah kalau gitu ngapain saya beli? Ya biar bagus aja ditambahi aksesori, sukur-sukur kalau permainan saya jadi tambah bagus ;)) Kalau Anda berminat memasang stabilizer pada stik biliar, bisa beli di rekan saya Ferry Danuarta yang punya IB Pro Shop.

2 thoughts on “Cue Stick Stabilizer

Leave a Reply