Puasa Ngeblog

Satu minggu ini benar-benar saya lewatkan tanpa menulis apapun di blog ini. Sibuk? Ah saya tidak senang menggunakan kata sibuk, karena sebenarnya saya tidak terlalu percaya pada sibuknya orang kerja 😀 Sesibuk-sibuknya orang harusnya punya waktu untuk menulis blog. Saya lebih senang berdalih cape kerja :-p (**ngeles mode is ON**), beneran satu minggu ini badan saya cape sekali. Mungkin karena itu pula pikiran saya jadi tidak fokus untuk menulis di blog. Sejak minggu lalu saya terlibat proyek instalasi server Primepower 1500 di Telkomsel (yang ada di TB Simatupang) untuk dipakai sebagai mesin IN (intelligent network). Mesin IN itu mesin yang dipakai untuk menghitung pemakaian pulsa pengguna selular pra bayar.

Instalasi ini sebenarnya sudah berlangsung sejak hari Kamis 28 September 2008 lalu. Waktu itu saya bekerja bersama minijer saya, Manggar. Sulit kah instalasinya sampai memakan waktu satu minggu lebih? Sulit secara teknikal sih tidak, tapi sulit secara fisik iya. Kesulitan terbesar saya adalah mengulur kabel puluhan meter melewati raised floor. Raised floor itu apa? Itu loh penutup lantai yang bisa dibuka-tutup semacam puzzle. Biasanya ruang server (datacentre) menggunakan raised floor dengan tujuan untuk meletakkan kabel jaringan, saluran AC, jaringan listrik di bawah lantai. Satu papan raised floor ukurannya 60cm x 60cm. Lihat foto di bawah ini saat saya pura-pura mengangkat satu papan raised floor =))

Papan raised floor itu cukup berat loh, punggung saya saja sakit gara-gara kebanyakan buka tutup papan raised floor. Teman saya bilang mungkin ada bagusnya saya kerja terus seperti itu, biar kurusan dikit katanya 🙁 Tidak biasa bekerja menarik kabel seperti itu membuat saya benar-benar tersiksa. Hari Sabtu minggu lalu pun Manggar terkapar sakit tidak bisa menemani saya lagi bekerja. Terpaksa mendatangkan bantuan, saya minta rekan-rekan engineer Fujitsu lainnya membantu saya. Ada Yudi, Subastian, Kusno yang sempat membantu saya bekerja. Foto di bawah ini sengaja saya ambil waktu memasukan kabel ke bawah raised floor dibantu oleh Subastian (narsis? bukan, supaya ada kenang-kenangan aja).

Kalau yang di bawah ini adalah foto Subastian yang saya ambil saat dia sedang berusaha keras merapihkan tumpukan kabel yang super ruwet (biar badan pegel, kedinginan yang penting foto-foto dulu :)) ) :

Jujurnya sempat malu juga dengan rekan-rekan engineer Siemens yang katanya mampu menarik kabel puluhan meter melewati & meletakkannya di bawah raised floor sendirian….iya sendirian (**sambil ngelirik Pak Nana 😀 **). Oh ya salah satu hambatan lain bekerja di bawah raised floor adalah hawa dingin yang menusuk. Di bawah raised floor ada saluran AC dengan hembusan angin yang kencang dan dingin. Di dalam ruang server saja suhu udaranya sudah dingin, apalagi di bawah raised floor. Untungnya Jumat tanggal 5 kemarin, hampir 95% pekerjaan saya di sana sudah selesai. Tinggal membuat dokumen saja, tanpa perlu tarik-tarik kabel lagi.

Thanks to Manggar, Yudi, Subastian, Kusno yang sudah banyak membantu. Thanks juga untuk Pak Nana & team yang sudah memberi banyak petunjuk 🙂

Nah jadi itu ceritanya mengapa satu minggu ini saya ikutan puasa, puasa ngeblog maksudnya. Pulang malam, badan pegel-pegel, boro-boro nulis blog 🙁 Hari ini saya akan coba menebus puasa saya dengan menulis beberapa postingan sekaligus.

3 thoughts on “Puasa Ngeblog

  1. Selamat ya Ted adah bisa jadi team leader untuk 2 IN sekaligus Bravo !!

    Dan jangan pantang mundur maju terus… masih banyak ladang instalasi yang perlu digarap.. Batam…Ujung Pandang… dan kota2 lainnya,tunggu di tahun 2009.

Leave a Reply