Surabaya (part 2) – Boeing 737-800 NG

Tadi perjalanan ke Surabaya saya tempuh dengan menumpang pesawat barunya Garuda, Boeing 737-800 NG. NG itu singkatan dari New Generation. Pesawat ini merupakan armada baru Garuda. Tadi salah satu pramugari Garuda tanpa saya minta bercerita pada saya kalau pesawat ini biasa dipakai untuk penerbangan Jakarta Beijing. Karena penerbangan ke Surabaya hari ini begitu padat penumpangnya, maka dipinjamlah pesawat baru ini.

Dari luar mudah pesawat barunya Garuda ini mudah dikenali dengan adanya lekukan pada ujung kedua sayapnya. Di bagian lekukan itu diberi gambar logo Garuda. Lekukan di ujung sayap itu membuatnya sepintas mirip pesawat-pesawat besutan Airbus. Lihat foto ujung sayap Boeing 737-800 ER ini :

Pesawat ini menggunakan susunan kursi sama seperti pesawat 737 lainnya, di kelas bisnis 2 kursi di kanan/kiri sementara di kelas ekonomi ada 3 kursi di tiap sisi. Kursi di kelas ekonomi sampai nomor 29. Bedanya dengan pesawat Boeing 737 seri 300,400,500, ruang kaki di tiap kursi kelas ekonomi lebih luas sedikit. Entah cuma sugesti saya atau memang lebih luas, tapi rasa-rasanya sih memang lebih luas. Masih kalah besar sih dengan Boeing 737-900 ER-nya Lion Air.

Terbang dengan pesawat baru seharusnya lebih mulus dan nyaman, tapi tidak kali ini. Cuaca memang sedang tidak bersahabat, perjalanan kali ini juga diwarnai banyak guncangan akibat turbulensi udara. Langit di atas Surabaya juga dipenuhi awan tebal. Pantas kemarin ada berita pesawat China Airlines yang dihantam turbulensi kuat hingga banyak penumpang yang luka-luka. Eh Anda sudah tahu kan berita itu? Kemarin pesawat China Airlines dengan nomor penerbangan CI-687 dari Taipei menuju Bali mengalami turbulensi kuat dan mendarat dengan keras di bandara Ngurah Rai Bali. Pesawat jenis Boeing 747-400 itu memang tidak mengalami kerusakan teknis tapi kasihan juga penumpang-penumpang yang terluka akibat sedang tidak menggunakan sabuk keselamatan saat turbulensi terjadi.

6 thoughts on “Surabaya (part 2) – Boeing 737-800 NG

  1. GARUDA TOLONG YA? TERBANGKAN PESWAT JENIS 737-800 NG KE BANDA ACEH FREE TERBANG LANGSUNG DARI JAKARTA SO MUNGKIN BANDA ACEH TELAH LULUS REKOMENDASI BUAT BANDARA INTERNASIONALNYA DAN DOMESTICNYA TRIMS .

  2. O y tolong juga ya? buat terbangin garuda dari banda aceh to kuala lumpur malaysia .dan juga banda aceh to singapura menggunakan pesawat boeing 737-400 atau boleh juga dengan boeing 737-800 NG garuda. free langsung terbang.trims….. ya garuda

  3. Ada Yg Janggal
    – Itu Pesawat B737-800NG Bukan B737-800ER
    – Itu Pesawat PK-GE* Alias Pesawat Udah berumur +/- 6 Tahun

Leave a Reply