Standby Surabaya (part 4) – Toshiba Portege M600

Ini tulisan yang belum sempat saya publikasikan dari beberapa minggu lalu. Menyambung tulisan tentang Masalah Instalasi Windows XP, saya mengalami kejadian yang serupa saat mencoba menginstal Windows XP di notebook Toshiba Portege M600. Tanggal 9 September lalu, saya dimintai tolong oleh Pak Win (rekan kos saya) untuk mengganti Windows Vista yang sudah terinstal di Portege M600nya. Pak Win juga mengalami kesulitan menggunakan Windows Vista, katanya lebih familiar dengan Windows XP.

Ketika saya coba boot notebook dengan CD instalasi Windows XP, muncul pesan error “Setup did not find any hard disk drives installed in your computer”. Sama seperti error yang muncul saat saya menginstal Windows XP di Lenovo 3000 N200 dan Fujitsu Lifebook S6410 (silakan baca tulisan saya sebelumnya supaya lebih jelas). Di dua tipe notebook itu saya harus mematikan fitur AHCI (SATA Compatibility), makanya saya tenang-tenang saja menghadapi error begini. Eh ternyata Toshiba Portege M600 ini tidak menyediakan pengaturan AHCI di BIOS-nya.

Langsung tanya Google tentang masalah instalasi Windows XP di Portege M600. Untung sudah banyak yang menulis tentang topik ini. Saya pilih salah satu tulisan untuk diikuti langkah-langkahnya, tulisan ini berasal dari blog http://amphie09.blogspot.com. Singkatnya saya harus menyusupkan driver SATA ke dalam CD instalasi Windows XP…bahasa kerennya “remastering CD” 😀 . Seperti yang saya baca di blog tadi, saya download dulu program nLite untuk mengubah CD instalasi Windows XP. Saya download juga driver SATA di sini. Proses berikutnya tidak terlalu susah, nLite cukup mudah digunakan. Hasilnya adalah sebuah image CD Windows XP. Lalu saya burn file image itu ke sebuah CD. Nah CD inilah yang akhirnya bisa saya gunakan untuk menginstal XP di Portege M600 ini.

Aneh juga mengapa Toshiba tidak menambahkan pengaturan SATA controller di BIOS notebook-nya. Apakah Toshiba yakin semua orang akan menggunakan Windows Vista yang sudah pre-installed di dalam notebook-nya.

7 thoughts on “Standby Surabaya (part 4) – Toshiba Portege M600

  1. sengojo mas, dibisikin mikrusuf ‘biar inlander2 ntu susah instol XP jadi kepaksa pake vista’
    sama halnya dengan nutbuk2 acer yang sering saia temui dibeli oleh teman2 hehehe

    btw, met mudik mas 😀

  2. XP memang gak support SATA karena teknologi SATA lahir setelah windows XP. makanya mesti memakai tambahan driver. justru XP udah mengantisipasi dengan memberi sesi untuk install driver eksternal sebelom boot.
    windows vista tidak perlu lagi karena udah menyupport full teknologi SATA

  3. 2 bln lalu saya mengalami masalah dengan HD saya. CPU saya tiba2 tidak bisa mengakses HD. Saya punya 2 HD. 1 u/ back up data. Anehnya keduanya tak dapat dikenali setelah proses boot. OS-nya Windows XP.
    Setelah membaca postingan Mas ini, apa mungkin masalah yang saya hadapi persis dengan yang Mas hadapi. Masalahnya, antara laptop n CPU. Apakah di CPU ada mode u/ SATA, ATA atau yang lain?

  4. @ Hutabarat : Hmm kalau sebelumnya HD bisa dikenali & Anda tidak melakukan pengubahan setting apapun, berarti masalah Anda tidak sama dengan masalah saya itu. Tapi coba saja cek di BIOSnya, lihat settingan SATAnya.

  5. bener bangetz bro, portege m600 gw jg sempat bikin pusing gw, tp setelah surfing dikedalaman 5000 kaki google, akhirnya sy bisa jg kerjain tuch laptop… kayaknya toshiba terlalu pede gak menyediakan setting AHCI, padahal XP kan msh lebih keren menurut sy drpd Vista yg ribet en banyak program yg gak support.

Leave a Reply