Cue Tip Kamui

Sabtu malam setelah pulang dari Balikpapan kemarin, saya punya kesempatan mengganti tip shaft 314. Tip bawaan 314 terlalu keras bagi saya. Mengganti tip memang sudah lama jadi target saya, baru kemarin saya bisa ganti tip. Oh ya yang belum tau tip, tip adalah bagian ujung stik biliar yang bersentuhan langsung dengan bola. Pada foto di samping ini, tip adalah bagian di sebelah kanan yang ujungnya berwarna biru. Rata-rata tip aslinya berwarna coklat, warna biru itu berasal dari kapur biliar. Tip Kamui adalah salah satu merek tip yang cukup terkenal. Sebuah tip kamui berharga Rp125.000,- Ada juga merek-merek lain seperti Moori, Sniper, Triangle, Le Pro. Saya pilih tip Kamui atas rekomendasi Ferry Danuarta (rekan saya yang pedagang stik biliar), karena katanya menurut pengalaman tip Kamui ini paling enak dipakai.

Saya baca di websitenya Kamui ternyata tip ini dibuat dari kulit babi loh  😮 Iya betul babi…si hidung pesek berkaki pendek itu, yang dagingnya saya benci itu 🙂 Kulit babi yang dikompres sampai 10 lapis, makanya tipe tip seperti ini dikategorikan layered tip. Ada beberapa pilihan jenis tip Kamui berdasar tingkat kekerasannya; saya sendiri memilih tipe soft. Setelah dipasang di shaft Predator 314 saya, saya coba main dan ternyata memang benar tip ini enak dipakai. Enak dipakai bagaimana? Ya misalnya saja, saya lebih mudah melakukan draw stroke. Draw stroke? Itu loh pukulan yang bisa membuat bola putih mundur lagi setelah mengenai bola target. Atau jangan-jangan kemarin hanya kebetulan saja ya draw stroke-nya lagi bener? =))

Menyambung tulisan saya sebelumnya, mungkin ada yang akan bertanya : “jadi ini acara yang bikin elo balik dari Balikpapan ?” Bukan lah, saya gak segila itu pulang ke Jakarta hanya sekadar ganti tip stik biliar 😀 .

8 thoughts on “Cue Tip Kamui

  1. tp kalo menurut gw sih pukulan drw stroke itu tergantung jaraknya bro.. kalo cm jarak satu kilak sampe 5 kilak pake stik lokasi jg maseh mundur bro.. tp itu kalo cara pukulnya bener loh ya… btw no offense bro…
    kalo tip yg empuk pake sniper ajah bro.. setau gw sih itu master tip paling empuk.. karakter tip yg gw coba, keknya kalo yang lebih empuk, lebih enak buat track, tp kalo yg lebih keras follownya lebih ok bro… tar kalo tipnya uda abis coba deh pake sniper.. lebih empuk lg bro.. harga jg kisaran 120rb an lah..

  2. @Ferry : bang, bisa beli tipnya via online gak?
    atau klo ada website tokonya minta juga dong bg.
    aku di pekanbaru.
    disini susah banget cari perlengkapan billiard…
    tertarik sama kamui tipnya nih bang…

    Contact person ane : 0852 7227 2225
    PIN : 20D03B02

Leave a Reply