Lenovo Ideapad S9

Jumat kemarin saya memutuskan untuk membeli sebuah netbook. Netbook tidak sama dengan notebook kecil. Netbook punya banyak keterbatasan terutama : layar yang kecil, keyboard yang ringkas, tanpa CD/DVDrom. Dengan prosesor yang terbatas pula, netbook lebih diutamakan untuk mobilitas tinggi & untuk dipakai menjalankan aplikasi berbasis internet seperti browsing, chatting, membaca/menulis email. Lalu apakah netbook tidak bisa menjalankan aplikasi yang biasa dijalankan di PC atau notebook? Tentu bisa, tapi Anda pasti akan menghadapi banyak kesulitan, atau dengan kata lain kenyamanan kerjanya berkurang. Bayangkan saja, akan sangat menyiksa mengedit foto dengan Photoshop yang diinstal pada sebuah netbook. Silakan lihat video di Youtube ini,video ini menjelaskan apa sih bedanya netbook dengan notebook.

Kemarin sebelum membeli, kandidatnya adalah Asus EEEPC 904 dan Lenovo S9. Lenovo Ideapad S9 menurut saya lebih elegan desainnya, terkesan simple. Berikut review singkatnya dalam komik :

Ketika dibeli, Ideapad S9 sudah terisi Linpus Linux. Beda dengan Asus EEEPC 904 yang secara default sudah dilengkapi dengan Windows XP. Oh ya meskipun tidak dilengkapi dengan Windows XP,Β  Bhinneka.com tetap memberi CD driver untuk Windows XP. Sebenarnya Linpus Linux sudah cukup untuk dipakai sebagai sistem operasi standar, tapi saya kok gatal ngoprekΒ  instal ini itu di S9 ini πŸ˜€ Jadilah saya hapus semua partisi yang ada. Jumat malam saya oprek OSnya, saya instal Ubuntu 8.10. Cara instalnya tentu dengan media USB flash disk karena Ideapad S9 tidak memiliki DVD ROM. Saya pakai unetbooting untuk menyalin Ubuntu 8.10 ke dalam USB. Masih kurang kerjaan, Sabtu malam saya coba instal Windows XP πŸ˜€ . Ternyata unetbooting tidak bisa dipakai untuk menginstal Windows XP dengan USB flash disk sebagai media. Googling sebentar saya dapat caranya di sini.

Keyboard S9 memang kecil, tapi saya menemukan hanya 2 tombol yang sulit dijangkau yaitu tombol tanda tanya, tombol Right Shift, dan hanya ada tombol Ctrl di sebelah kiri. Dengan kebiasaan mengetik saya di notebook normal, tombol-tombol huruf masih bisa dipahami oleh jari-jari saya. Kecepatan mengetik saya terhambat kalau sudah mencoba meraih tombol Right Shift & tanda tanya. Ya tapi ini bukan kendala besar, hanya masalah kebiasaan saja. Batere S9 kok sepertinya tidak terlalu kuat, saya sudah coba colok adaptornya ke listrik PLN sampai baterenya penuh. Dengan OS Ubutu 8.10, masa hidup dari batere penuh sampai mati hanya 2 jam lebih 9 menit. Entah saya belum coba dengan Windows XP. Di CD driver Ideapad S9 ada sebuah tool bernama Energy Management. Dengan tools ini saya bisa menentukan bagaimana penggunaan daya batere. Mudah-mudahan dengan bantuan software ini, daya tahan baterenya jadi bisa lebih lama untuk 1x charging.

32 thoughts on “Lenovo Ideapad S9

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Singapore (part 4) - Internet Gratisan

  2. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Fujitsu Lifebook S6410

  3. bro…, gw punya mslh dgn ideapad S9, os nya masih linux, waktu lg dipakai LCD nya tiba2 mati, tapi mesin tetep hidup. tau almt servis resmi lenovo ? thks ya..

  4. bos, saya punya lenovo s9 beli desember 2008 lalu, kemaren install xp…lah cd driver xpnya ga ada, apa boleh ya bagi ke saya copy-an cd nya..donlod lama bwanget soale…muhun bantuannya..thx b4 (kali aja mau muhun sms saya 081331411002)

  5. Mohon bantuannya boss, saya juga pengguna lenovo s9, dan sudah dioprek jadi xp, tapi sayang banget, ketika dijadikan xp, kamera webnya jadi gak berfungsi, gara2 gak ada drivernya. di situs resminya juga gak ada. Udah googling juga tetep gak nemu.
    Nah kalo boss punya driver untuk webcam, mohon supaya saya biosa dapat copyannya.
    Makasih ya boss…

  6. Mas permana saya juga pernah punya masalah kayak gitu. penyelesaiannya cukup mudah kok ga perlu di servis. matiin aja dulu. terus lepas baterainya, pasang lagi. idupin lagi deh. selesai.

    Mas zet tuma donlot aja wong bisa ditinggal ngupi kan?

    Mas pangki. ada kok driver webcamnya untuk lenovo s9. saya dah donlot n berhasil. sama aja kok s9 dan s10.

    Nah sekarang giliran saya yg nanya mas bloetooth s9 saya kok ndak bisa yah? padahal dah saya install drivernya? piye iki? saya pernah liat diiklan koran kok feature bluetoothnya ga disertakan. jangan2…..

  7. Hai,saya ikut nimbrung ya.saya baru bis bli lenovo s9.pake OS nya Xp,tapi emang bener kata mas pangki kamera webnya ga berfungsi.untuk mas deni minta copiannya ya,he2.. dibantu ya.
    lenovo S9 memang ga ada bluetoothnya, yang ada lenovo seri S10

  8. maaf pa, mau nanya?
    kalo kita install win xp pada netbook menggunakan dvd-rom external bisa ga?
    kira2 sulitkah?
    gmn caranya?
    trims atas bantuannya.
    soalnya saya mau beli netbook tanpa OS
    biar lebih murah
    install win nya pake yg bajakan ajalah
    heheheheeee

  9. @ Andri : instalasi netbook pakai dvd rom external bisa donk. Syukur kalau Anda punya dvd rom external. Tantangan yang sering dihadapi pengguna Netbook adalah bagaimana menginstal OS tanpa external DVD ROM πŸ™‚

  10. jd artinya kita bisa booting via dvd external ya?
    ok pa tedy,
    thx atas jawabannya
    nanti kalo saya dah beli
    saya kontak lagi pa tedy bila saya mengalami kesulitan

  11. aku nginstal lenovo s9 ku lancar2 aja, pake USB Flashdik. buat ngopy xp sp2 ke UFDnya pake USBpetool.
    udah tak cobain buat nginstal game GTA San Andreas lancar2 aja ko mas, cuman kendalanya mata capek liatin layar yang kecil

  12. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Soal Potong Kuku

  13. mas saya baru instal windows 7 di lenovo s9,,sama penyakitya,,,webcam hilang,, saya pake saran mas,,gak kebuka tu situs,,, piye mas??

Leave a Reply