Singapore (part 2) – Biliar di Singapura

Tadi malam saya menyempatkan diri bermain biliar di Fussion. Tempat biliar ini terletak di Middle Road, tidak terlalu jauh dari stasiun MRT Bugis (keluar stasiun ke arah kanan, menyusuri Victoria Street lalu belok kanan di Middle Road.). Dari hotel kami berangkat sekitar pukul 8 malam menuju kawasan Bugis. Putar-putar cari makanan ujung-ujungnya malam makan di Mc Donald di Bugis Village. Di Mc Donald saya sempat berinternet dulu mencari informasi tentang tempat biliar di kawasan Bugis. Tadi siang sempat diberi informasi oleh salah seorang teman, kalau di daerah Bugis ada tempat biliar yang cukup berkelas.

Hmm mungkin karena saya agak terburu-buru jadi kali ini sulit memperoleh informasi lewat Google. Jurus terakhir : tanya orang. Saya bertanya pada karyawan Mc Donald, untungnya karyawan Mc Donald di Bugis Village ini ramah-ramah. Orang pertama tidak bisa bahasa Inggris, dia panggilkan rekannya. Sayang orang kedua malah tidak tahu di mana tempat biliarnya, dia panggilkan orang ketiga. Nah orang terakhir inilah yang tahu di mana tempatnya, dia menjelaskan dalam bahasa Melayu karena rupanya dia tahu kami berdua dari Indonesia. Penjelasannya cukup informatif, saat kami ikuti petunjuknya kami langsung menemukan tempat yang di maksud.

Biliar di Singapura tidaklah murah, bermain satu jam tarifnya S$13.8 (sekitar Rp107.000,-). Sudah mahal, stiknya jelek-jelek, nge-rack sendiri pula. Tapi meja di Fussion licin sekali lakennya. Tempat ini smoking free area, tidak seperti tempat-tempat biliar di Indonesia yang tidak punya larangan merokok. Sedikit agak aneh karena dari trotoar semua meja terlihat, persis seperti etalase toko. Jadi kalau kebagian meja di pinggir jendela, ya resiko bisa ditonton orang yang lewat.

Main biliar di Singapura jauh lebih mahal daripada waktu saya main biliar di Paderborn Jerman. Di Paderborn seingat saya sekitar 6 Euro/jam (atau sekitar Rp90.000,-). Hmm di Indonesia tempat biliar termahal yang pernah saya coba adalah di Ex Plaza Indonesia, namanya Q Billiard. Di Q Billiard, tarif 1 jam main adalah sebesar Rp80.000,- (tidak perlu nge-rack bola sendiri :-p ). Tidak terasa main hampir 2 jam, kami pulang dengan membayar total lebih dari S$26. Biar mahal yang penting pengalamannya, lebih penting lagi fotonya biar punya kenang-kenangan :)) (jiwa narsisnya keluar..he..he..he…) Kami pulang hampir jam 12, untung masih bisa mengejar MRT terakhir di stasiun Bugis. Lain kali datang ke Singapura, sepertinya saya harus bawa stik sendiri šŸ˜€

Leave a Reply