Head To Head Lenovo & Compaq

Ini catatan saya beberapa minggu lalu yang belum sempat saya publish. Dua orang rekan saya membeli notebook dan membawanya pada saya untuk masalah instalasi OS. Yang satu datang dengan membawa Lenovo G410 sementara yang lain membawa Compaq Presario CQ40. Kedua notebook ini harganya hampir mirip & masih berada dalam kelas yang sama; low end notebook. Saya buat tulisan ini untuk sedikit me-review kedua notebook ini. Boleh percaya boleh tidak silakan tentukan sendiri pendapat Anda.

Lenovo G410 ini dijual sekitar 6 juta rupiah. Modelnya sangat klasik, mengikuti tradisi desain notebook IBM. Berkesan kotak dan kaku. Seperti tradisi desain notebook IBM, sisi layar dibuat menonjol sehingga saat layar ditutup tidak ada celah di antara layar dan keyboard yang memungkinkan debu untuk masuk. Bagi Anda yang mempertimbangkan model dalam memilih notebook, Lenovo G410 mungkin akan terlihat kurang menarik. Untuk ukuran notebook berlayar 14″, body G410 cukup tebal dan lumayan berat. Notebook berbobot lebih dari 2 kilogram pasti terasa beratnya. Karena menekan harga, Lenovo hanya memasangkan DVD Combo (DVD ROM + CD-RW drive). Optical drive-nya hanya bisa membaca DVD, tidak bisa dipakai untuk burning DVD (hanya bisa burn CD). Jaman sekarang rasanya aneh membeli notebook tanpa kemampuan menulis DVD seperti ini.

G410 ini juga tidak memiliki webcam. Untuk harga sekitar 6 juta rupiah, notebook merek lain sudah dilengkapi dengan webcam. Berikut adalah spesifikasi teknis Lenovo G410 ini :

  • CPU Intel Dual Core T2390 1.86GHz
  • Memory 1GB
  • Harddisk 160GB
  • DVD Combo
  • LAN 10/100Mbps
  • Wifi 802.11g
  • Modem 56Kbps
  • Layar 14″
  • Slot memory card (MMC, SD)

Dalam paket penjualannya, Lenovo hanya menyediakan CD driver untuk Windows Vista. Meskipun tidak dilengkapi dengan driver untuk Windows XP, hampir semua driver yang ada bisa dipakai di Windows XP. Untuk masalah performa, Lenovo G410 ini cukup handal. Walaupun dipakai terus menerus, notebook ini relatif tidak panas. Bagi saya pribadi, tidak adanya internal webcam dan bluetooth tidak terlalu menjadi masalah. Kekurangan yang cukup mengganggu saya adalah ketiadaan DVD-RW.

Compaq Presario CQ40 ini harganya sekitar 7 juta rupiah. Ini adalah notebook yang paling rewel yang pernah saya pegang. Keyboard-nya tidak nyaman digunakan, apalagi touchpad-nya. Sulit menggerakan jari di atas touchpad Compaq ini…terasa “kesat” (apa ya bahasa Indonesianya??? ya pokoknya kurang smooth deh) Berikut ini adalah spesifikasi teknis Compaq Presario CQ40 :

  • Prosesor Intel Pentium Dual Core T3400 2.16GHz
  • Memori DDR2 1GB
  • Layar 14″ wide screen
  • Harddisk 160GB
  • Wifi 802.11 b/g
  • LAN 10/100Mbps
  • Modem 56Kbps
  • DVD RW dual layer (with Lightscibe technology)
  • Webcam
  • 5 in 1 digital media reader (slot memory card)
  • Speaker Altec Lansing

Ingin menggunakan Windows XP dengan Compaq tipe ini? Jangan harap gampang, lupakan Compaq Presario CQ40 jika Anda ingin menggunakan Windows XP. Dari awal instalasi Windows XP saja, saya sudah menemui kendala. CQ40 ini benar-benar dirancang untuk Windows Vista. Awal booting dengan CD Windows XP, saya dapat eror blue screen dan harddisk-nya tidak dikenali (Compaq ini menggunakan harddisk tipe SATA). Saya harus melakukan remastering pada CD Windows XP saya untuk memasukkan driver SATA. Masalah instalasi pun bisa diselesaikan. Muncul masalah berikutnya ketika menginstal driver untuk tiap perangkat. Saya harus download semua driver dari webnya HP/Compaq. Proses download berlangsung super lambat, padahal koneksi Speedy saya cukup bagus…mungkin lambat di sisi servernya. Yang paling sulit adalah menginstal driver untuk sound card. Dua hari dua malam saya utak-atik notebook ini, nyerah juga akhirnya. Saya pasangi saja Windows Vista ke dalam Compaq CQ40 ini (Compaq hanya menyediakan CD driver untuk Windows Vista). Banyak tips yang saya baca di Internet soal Compaq CQ40 ini, masih ada 1 tips yang belum saya coba : melakukan downgrade BIOSnya. Halah….terlalu beresiko, salah-salah bisa mati total.

Keunggulan CQ40 ini dibandingkan Lenovo G410 terletak pada internal webcam dan DVD-RW. DVD-RW yang terpasang termasuk canggih, sudah dilengkapi dengan teknologi Lightscribe. Dengan teknolgi Lightscibe, Anda bisa mencetak cover CD/DVD langsung di atas kepingan CD/DVD. Teknologi ini hanya bisa dipakai jika Anda menggunakan keping CD/DVD khusus (yang bagian atasnya bisa dicetak dengan teknologi Lightscribe). Oh ya speaker CQ40 cukup bagus, dipasangi speaker Altec Lansing loh.

Head to head Lenovo G410 & Compaq Presario CQ40, saya lebih memilih Lenovo G410. Dengan segala kekurangan Lenovo G410, tetap saja rasanya kurang worthed kalau saya memilih CQ40 dengan segala kerepotannya itu.

30 thoughts on “Head To Head Lenovo & Compaq

  1. Betul sekali pak Tedy πŸ™‚ Compaq untuk harga segitu memang membawa spesifikasi hardware yg lumayan dan dengan harganya. Cuman kendalanya memang installasi OS xp, susah bin ruibet. Tapi menurut saya, bagi yg mau install vista, compaq masih bisa dijadikan pilihan. Sekedar sharing pengalaman, Compaq versi baru install XP ruwet, Acer tipe baru install Vista “Bajakann” nya yg ruwet. Sudah pernah install ubuntu pak di Notebook Compaq cq40 ini pak? ditunggu ulasannya!

  2. @ Made Hendra : saya pernah sekali install Ubuntu di Compaq waktu masalah instal XP. Just curious apakah Ubuntu bisa mengenali hardware2nya Compaq. Sepertinya sih Ubuntu bisa jalan di Compaq tanpa masalah…(atau mungkin saya belum menemukan masalah :-p )

  3. bisa upgrade ke DVD RW kok, saya juga pake Lenovo G410 tapi bawaan DVDnya sudah DVD multi recorder ya? harganya murah lagi, spesifikasi sama seperti di atas, cuma sdh DVD RW dan ram diupgrade ke 4 GB

  4. @heriyanto : belinya di mana ya pak? Mungkin bisa kasih alamatnya, atau bantu saya untuk membelikannya. Nanti saya ganti biayanya… Email aja ya pak di masrust[at]masrust.web.id

  5. Halo pa, saya pake lenovo G410 ni pa, saya liat spec DVDnya ko beda y sama punya saya. Sejak beli DVD paketnya yang saya dapet udah bisa burning DVD lho pa.

  6. compaq harganya sekarang 4.999.999 , kemarin baru beli buat keponakan..

    ngutak-ngutek nginstall xp tidak bisa, blue screen..

    nyoba install linux mandriva berhasil..

    terima kasih atas infonya..

  7. hmmm…. mau tanya niy. saya pengguna Lenovo G410. ceritanya saya baru beli handsfree, pas di colokin… knapa internal speaker dari Lenovo tsb suaranya masih keluar yah ? jadi double gitu deh suaranya πŸ™
    ada yang tau, knapa bisa begitu ? trus baagimana mengatasinya ?

  8. Salam kenal.
    Saya pakai Compaq CQ40-602TU dan 653TU. Os menggunakan Windows 7.
    Proses instal berjalan sangat lancar tanpa kendala dan dengan Windows 7 kedua notebook ini performa nya sangat bagus dan tidak ada masalah. Untuk urusan drivernya download langsung ke situs Hp.
    dari segi bentuk, performa dan harga Saya sangat puas dengan kedua notebook ini.

  9. MAW NANYA BOSS…!!
    CQ4-653TU q pake xp sata kok ga bisa ya driver wifinya? tak ganti windows7 royale xp tetep ja aga bisa…TOLONG SOLUSINYA????
    DAH TAK BAWA KE TOKONYA KATANYA SAMPE HP CENTERNYA KATANYA BELUM DAPAET DRIVERNYA
    AQU DOWNLOAD SENDIRI DI HP/COMPAQ.COM JUGA TETEP BELUM BISA
    PADAHAL ITU KAN SERI NON VISTA KAN?

  10. saya pakai HP Compaq CQ40 653TU saya install windows 7,semua hardware dapat berfungsi dg baik,tetapi ada masalah DVD rom hanya bisa baca dalam format DVD,tidak mampu baca untuk format utk cd/vcd.di situs HP resminya ada solusi utk mengatur power sleep.sdh saya lakukan ternyata gak juga bisa baca.Ada yang bisa bantu?mohon pencerahannya….

  11. @ sby yg pake G410
    ni laptop G410 pake windows 7 bisa langsung ga ? soalnya aq cari driver win 7 buat G410 di situs resminya kok ga ada ?

  12. saya pakai cq 40 653tu, dan pakai windows 7 ultimate, di instal di tokonya, semua berjalan lancar ga ada masalah, pengen nginstal mandriva 2010 caranya gimana yah, bikin dualbootnya, mau blajar linux soalnya

  13. cq 40-653 tu emang didesain untuk W7 & Vista ,malahan suport 64bit , punya q Windows 7 Ultimate 64 bit lancar2 aja,cuma agak lemot gara2 RAM nya kurang kuat .

  14. bisa nggak hp compaq cq40-653tu hardware nya upgrade, saya cuma test awal nya instalasi PES 2010. memang sih VGA nya yg pasti bermasalah, hanya saja klo ram nya di uprgade bs ga yah?? tapi sayang sih masih garansi πŸ˜€
    mohon info nya bila mana memang bisa di upgrade, saya coba cari problem solve nya masih belum ketemu. coba ke toko nya, toko nya bilang “BELI LAPTOP BARU AJAH”
    Cape dehh……. ^^!

  15. bener……..sejak compaq diganti lambangnya sejak itu pula performanya menurun drastis padahal Hp mrupakan merk laptop yang cukup disegani.
    q pemakai compaq presario cq40 series. blm satu tahun udah bxk kendala
    beberapa hari yang lalu sy bru sj gnti charger,trs dignti txt dpat yang di bawah orinya.mklum sy nak elektro jd thu.:p
    smg kdpannya compaq lbh baik.smg bermanfat.

  16. ndan, q pke compaq cq40 602tu. Ada 2 permntaan bntuan:
    1. Pke win 7. Pas liat di device manager da 3 hardwre yg lum d driver… Itu apa aja. Coz tlsanya ‘base system device’..
    2. Misal d instal xp bsa gag ya..

    Mhon bntuannya…..

  17. Kebetulan nyari driver G410 for Linux eeh, kesasar & mampir comment disini deh.. πŸ˜€

    Mengenai DVD yg katanya combo, mungkin punya pak Tedy aja yang dikorupsi tokonya. Heheh.. Punya saya DVDnya bisa burn/write kok. Bluetooth juga ada. (Mungkin pak tedy ga nginstall drivernya aja)

Leave a Reply