Soft Focus – The Power of GIMP

Malam ini saya baru belajar tentang bagaimana membuat foto jadi punya efek “soft focus”. Awalnya saya sering lihat foto-foto di Fotografer.net, banyak yang sudah dioleh dengan software semacam Photoshop. Tadi iseng-iseng browsing dan saya dapat petunjuk yang luar biasa berguna di sini. Petunjuk tersebut dibuat untuk Photoshop, tapi ternyata bisa juga diimplementasikan di GIMP (Photoshop-nya Linux). Langsung cari foto yang bisa dijadikan objek latihan. Ada foto Pak Imam (rekan di kantor) dari liputan makan-makan Jumat lalu. Berikut fotonya :

update 28/07/2009 : ganti model biar lebih “ceria” 😀
(kedua foto saya taruh di Picasa. Picasa menyediakan 3 macam ukuran foto untuk ditampilkan di blog. Saya pilih ukuran medium, eh kok malah bikin fotonya terlihat agak pecah-pecah ya 🙁 )

Foto kiri adalah foto aslinya sementara foto di sebelah kanan adalah hasil olahan di GIMP. Saya cukup puas belajar teori baru ini. Hasil fotonya memang terasa lebih “soft“. Dipikir-pikir cara ini bagus juga dipakai untuk memperhalus wajah modelnya. Bahasa kerennya mengolah “skin tone” 😀 Dari hasil tes tadi saya rangkum langkahnya seperti berikut ini :

  1. Sebelum membuat efek soft focus, kita harus pastikan Brightness dan Contrast foto sudah diatur dengan benar (sesuai selera tentunya).
  2. Buat duplikat dari Layer utama, sebut layer ini “duplikat”.
  3. Klik pada layer “duplikat”, lalu ubah modenya dari ‘Normal” menjadi ‘Screen’.
  4. Masih pada layer “duplikat”, beri filter Gaussian Blur. Di GIMP saya pakai Blur Method-nya IIR dan saya set Blur Radius-nya 50.
  5. Setelah diberi efek blur, atur Opacity layer “duplikat” tersebut untuk mengatur terang gelapnya foto.
  6. Untuk lebih menggelapkan foto, buat duplikat dari layer “duplikat”. Sebut layer ini “duplikat2”.
  7. Klik pada layer “duplikat2” dan ubah modenya jadi “Multiply”. Atur juga Opacity-nya sampai mencapai kombinasi yang pas.
  8. Sampai tahap ini proses pembuatan efek “Soft Focus” sudah selesai. Tapi bisa saja ditambahkan layer lain di atas layer yang sudah ada untuk menambah efek lain. Pada contoh foto di atas tadi saya tambahkan layer warna putih untuk mengatur Saturasi warna.

Kurang lebih seperti itu….sekadar sharing dari newbie di dunia olah digital…masih modal Ubuntu Linux dan GIMP, belum pakai Apple Macintosh :-p Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Thanks a lot to Sholihin Wijaya yang sudah berbagi ilmunya di forum Fotografer.net.

ps : Pak Imam, sorry fotonya saya jadikan contoh ;))

4 thoughts on “Soft Focus – The Power of GIMP

  1. Pingback: Blognya Tedy Tirtawidjaja » Ademnya Saung

  2. @ MLM : hi Lutfi…thanks for the suggestion…belum capable lah untuk buat tutorial ambil foto pakai DSLR 😀 tapi ntar dipertimbangkan. Ide bagus utk tulisan di blog ini :-p

Leave a Reply