Tambah Memori

Minggu lalu saya menambah kapasitas memori notebook Fujitsu Lifebook S6410 saya. Notebook kantor ini sebenarnya sudah dilengkapi dengan 1GB memori, tapi selalu terasa kurang…masih terasa lambat πŸ˜€ Jadilah Kamis minggu lalu saya pergi ke Mal Ambassador membeli memori notebook. Pagi harinya saya bongkar dulu tutup memori untuk memeriksa tipe memori yang terpasang di notebook ini. Sebenarnya tanpa melihat secara langsung, saya juga bisa memeriksa tipe memori yang terpasang lewat command line.

tedy@tedy-laptop:~$ sudo lshw -short | grep memory
/0/0 memory 128KiB BIOS
/0/4/8 memory 128KiB L1 cache
/0/4/9 memory 3MiB L2 cache
/0/f memory 2GiB System Memory
/0/f/0 memory 1GiB SODIMM DDR2 Synchronous 333 MHz (3.0 ns)
/0/f/1 memory 1GiB SODIMM DDR2 Synchronous 333 MHz (3.0 ns)
tedy@tedy-laptop:~$

Tapi saya masih kurang yakin dengan informasi tadi. Memori yang terpasang adalah keping DDR2 1GB PC5300 667MHz. Di salah satu toko di Mal Ambassador, 1 keping memori DDR2 1GB PC5300 merek VGen harganya Rp210.000,-. VGen berani memberi garansi seumur hidup (lifetime waranty). Berikut adalah foto-foto ilustrasi bagaimana cara memasang memori tambahan ke dalam sebuah notebook. Video bermacam cara memasang memori tersedia juga di YouTube. Prinsipnya sama untuk kebanyakan notebook yang ada di pasaran, yang membedakan mungkin hanya letak slot memorinya

  1. Slot memori ada di bagian bawah notebook. Rata-rata notebok yang dijual saat ini memiliki 2 slot memori, satu slot sudah terpakai dan 1 slot kosong untuk cadangan tambahan memori. Balik notebook Anda dan cari tutup persegi yang dipasang dengan sekrup. Untuk notebook yang masih bergaransi, biasanya salah satu sekrup diberi stiker oleh penjualnya sebagai bukti garansi. Cek dulu apakah garansi masih berlaku, sayang kan kalau garansi notebook Anda jadi hilang hanya karena ingin mencoba memasang memori sendiri.

  2. Sebelum membuka tutup slot memori, sangat disarankan untuk melepaskan batere notebook terlebih dahulu. Hmm melepaskan charger tentu harus sudah dilakukan terlebih dulu πŸ˜€ . Jangan nekat memasang notebook dengan charger terhubung ke listrik PLN. Langkah ini sebagai antisipasi terjadi konslet (short circuit). Di salah satu video cara memasang memori yang saya lihat di YouTube, bahkan disarankan untuk menekan tombol power setelah batere dilepaskan. Mungkin tujuannya untuk menghilangkan daya listrik yang masih ada dalam elemen-elemen kapasitif notebook. Juga disarankan untuk membuat tubuh Anda bebas listrik statis, misalnya dengan cara memegang gagang pintu yang terbuat dari logam.

  3. Untuk membuka sekrup penutup slot memori, saya menggunakan obeng plus yang sangat kecil. Karena sekrup-sekrup penutup tersebut sangat kecil hati-hati jangan sampai jatuh/hilang.

  4. Dua slot memori terletak saling menumpuk. Slot yang kosong berada di atas sehingga memudahkan kita untuk memasang memori baru. Pasangkan memori pada slot yang tersedia dengan mencocokkan slot dengan konektor memorinya. Konektor memori adalah bagian yang dilapisi kuningan yang akan masuk ke dalam slot. Kita tidak mungkin salah memasang memori (terbalik pemasangannya) karena konektornya sudah dirancang sedemikian rupa. Konektornya terbagi jadi 2 bagian (satu panjang dan satu pendek), begitu pula slotnya. Hanya dengan mencocokan konektor & slotnya kita bisa memasangkan memori ke dalam slot.

  5. Di kiri dan kanan slot ada 2 buah kunci yang bisa membuka ke kanan dan ke kiri (lihat gambar, pin putih di sisi kiri dan kanan memori adalah kuncinya). Saat memori ditekan, kedua kunci akan membuka ke kanan dan ke kiri. Kunci tersebut akan kembali lagi ke posisi semula setelah memori melewatinya.

    Tekan memori untuk memaksa memori masuk ke bawah kunci. Setelah konektor memori bisa masuk ke dalam slot, tekan kedua sisi memori untuk mengunci memori. Selesai sudah memori sudah terpasang & terkunci dengan baik.

  6. Pasang kembali tutup memori, kencangkan sekrupnya, pasang baterenya kembali.
  7. Nyalakan notebook untuk memeriksa apakah memori baru sudah terpasang. Dari BIOS saja sudah bisa terlihat memori baru sudah terpasang atau belum.

Waktu saya beli memori di Mal Ambassador, harganya sudah termasuk ongkos pasang. Dan foto-foto di atas hanya ilustrasi saja πŸ˜€ Memori yang ada di notebook saya ini dipasangkan oleh karyawan tokonya πŸ˜€ Saya hanya melakukan rekonstruksi untuk dapat menghasilkan foto-foto tadi. Hmm tapi setelah sesi foto-foto tadi, saya juga sempat memasangkan 1 memori yang sama di notebook teman saya yang kebetulan 1 tipe Fujitsu S6410. Sekarang semuanya terasa lebih cepat, menjalankan VirtualBox dalam Ubuntu juga lebih nyaman. VirtualBox dengan jatah 512MB sudah cukup untuk menjalankan Windows XP.

Oh ya tambahan saran, sebelum menambah memori sebaiknya Anda cari tahu dulu apakah notebook Anda memiliki kemampuan dual channel memori atau hanya single channel memori. Dengan teknologi dual channel, notebook hanya bisa optimal jika memiliki 2 keping memori berkapasitas sama besar. Misalnya memori yang terpasang sebesar 1GB, lalu ditambahkan 1 keping memori berukuran 2GB…maka kapasitas optimal yang dipakai hanyalah sebesar 2GB bukan 3GB. Lain ceritanya kalau notebook menggunakan teknologi single channel.

3 thoughts on “Tambah Memori

  1. Ted ini indra,eh nanya dunk
    1. Cara instal dual OS di laptop tuh gmn yah?misalny primariny linux secondny windows
    2. Cara instal virtual box di linux gmn yah?
    Thanks bgt yah ted

  2. nice info.
    Tapi saya mau tanya untuk mengetahui apakah notebook memiliki kemampuan dual channel memori atau hanya single channel memori itu bagaimana? Masalahnya notebook saya sudah beberapa kali upgrade/modifikasi sehingga sudah bukan spec dari pabrik lagi.
    terima kasih.

  3. @ Indra : mending install windowsnya dulu Ndra…bikin 1 partisi aja dulu untuk windows. setelah windows selesai install, baru install Linuxnya…mau pake distro apa sih terserah. Gua saranin pake Ubuntu aja, gampang mau ngapa2in. Instal VirtualBox di Ubuntu juga gampang bgt, bisa install online

    @ Mannuragie : yang sudah pernah diupgrade apanya? Apakah Anda pernah ganti motherboard? selama motherboard ga pernah diutak-atik ya ga akan berubah fitur2 itu…taunya notebook punya kemampuan dual channel ya harus baca datasheetnya, atau paling gampang search di Google

Leave a Reply